Advertisement

Kelompok Tani Sumber Balecatur Usir Tikus dengan Rumah Burung Hantu

Media Digital
Senin, 09 November 2020 - 14:17 WIB
Budi Cahyana
Kelompok Tani Sumber Balecatur Usir Tikus dengan Rumah Burung Hantu Rumah burung hantu Kelompok Tani Sumber, Balecatur, Gamping, Sleman. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Genesiska, dosen Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengembangkan kapasitas Kelompok Tani Sumber Desa Balecatur dalam pengendalian tikus di lahan pertanian melalui program rumah burung hantu.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini berlangsung di Balecatur, Gamping, Sleman, mulai Oktober 2020 dan melibatkan 50 anggota Kelompok Tani Sumber Balecatur dan masyarakat desa setempat.

Advertisement

“Program ini memiliki kegiatan inti yaitu perumusan konsep dan jenis program rumah burung hantu (rubuha), penentuan lokasi habitat burung hantu dan analisis jelajahnya, pemasangan rumah burung hantu, sosialisasi dengan perangkat desa dan warga masyarakat sekitar dan monitoring program rubuha. Program kemitraan kemudian secara teknis didasarkan pada keberadaan burung hantu tyto alba di kawasan dekat hamparan sawah milik Kelompok Tani Sumber dan perlu didukung oleh seluruh anggota masyarakat baik kelompok tani bersangkutan, warga sekitar, maupun perangkat desa yang bertugas dalam pengaturan hukum dalam proses pelaksanaannya,” kata Genesiska melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Hermanto, dari unit UPTD BP4 Wilayah Godean-Gamping, menyampaikan bahwa program ini perlu didukung oleh kerja sama tim dalam kelompok tani maupun antar kelompok tani lainnya.  Sementara, Yoeke, pendamping dari Balai Proteksi Tanaman Pertanian, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan DIY menjelaskan bahwa program ini perlu didukung oleh seluruh anggota masyarakat baik kelompok tani bersangkutan, warga sekitar, maupun perangkat desa yang bertugas dalam pengaturan hukum dalam proses pelaksanaannya. (Adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Pencegahan Kecelakaan Laut di Pantai Selatan, BPBD DIY: Dilarang Mandi di Laut

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Siap-Siap! Ini Jadwal dan Cara Ikut War Tiket Konser Sheila on 7

Hiburan
| Kamis, 18 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement