Advertisement

Dosen UMY Tingkatkan Pengetahuan Kader ‘Aisyiyah tentang Hipertensi

Media Digital
Senin, 09 November 2020 - 10:47 WIB
Budi Cahyana
Dosen UMY Tingkatkan Pengetahuan Kader ‘Aisyiyah tentang Hipertensi Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) di Desa Tamantirto, Kasihan, Bantul. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Agus Widiyatmoko, dosen Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mendorong kader ‘Aisyiyah mencegah hipertensi melalui Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) di Desa Tamantirto, Kasihan, Bantul, pada Maret - Juli 2020.

Kegiatan itu diikuti 40 pengurus dan anggota Aisyiah Ranting Tamantirto

Advertisement

“Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan anggota Aisyiah Tamantirto tentang penyakit hipertensi,” kata Agus melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Kegiatan pengabdian diawali dengan membagikan buku panduan tentang hipertensi dan dilanjutkan dengan pemberian materi secara online dengan memberikan materi via Youtube dan dibagikan audiovisual secara langsung kepada peserta. Untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang penyakit hipertensi dibuat forum diskusi menggunakan media sosial yang banyak dipakai oleh segenap peserta pengabdian.  Di akhir kegiatan diberikan hibah alat pengukur tekanan darah otomatis untuk kader Aisyiah Tamantirto agar bisa digunakan untuk deteksi penyakit hipertensi.

“Lewat kegiatan pengabdian ini, muncul peningkatan pengetahuan masyarakat tentang penyakit hipertensi. Kami meluruskan anggapan bahwa obat hipertensi bisa menyebabkan kerusakan ginjal jika dikonsumsi dalam jangka panjang dan pentingnya kontrol tekanan darah baik dengan obat ataupun perubahan pola hidup untuk mencegah terjadinya komplikasi penyakit hipertensi termasuk, kerusakan ginjal atau gagal ginjal kronis,” ucap Agus.

Sri Wahyu Hidayati, Koordinator Kader ‘Aisyiah Tamantirto merasa sangat berterima kasih atas sharing ilmu dan pengetahuan tentang penyakit hipertensi yang dilakukan UMY.

“Sehingga kami lebih paham tentang cara mencegah terjadinya hipertensi terutama dari segi diet dan deteksi adanya peningkatan tekanan darah,” ujar dia. (Adv)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Jaringan Listrik di Kota Jogja Hari Ini, Cek Lokasi Terdampak di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Dipanggil Teman oleh Bocah Berusia 2 Tahun, Beyonce Kirim Bunga Cantik Ini

Hiburan
| Kamis, 25 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement