Aplikasi yang Dikembangkan UMY Mudahkan Masyarakat Pogung Kidul Sleman

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di RW 049 Pogung Kidul, Sinduadi, Mlati, Sleman, berbasis teknologi informasi. - Istimewa
15 Oktober 2020 17:47 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di RW 049 Pogung Kidul, Sinduadi, Mlati, Sleman, berbasis teknologi informasi. PKM yang diinisiasi Krisdiyanto, dosen Teknik Mesin Fakultas Teknik UMY tersebut membuat aplikasi smartphone sebagai sarana sistem informasi. Program itu diikuti 48 anggota kelompok pemuda pemudi Pogung Kidul RW 049 dan berlangsung dar Desember 2019 sampai dengan Juli 2020.

“Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah mengajarkan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat untuk menghadapi perkembangan informasi saat ini,” kata Krisdiyanto melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

RW 049 Pogung Kidul berdampingan langsung dengan sebuah kampus sehingga lokasi tersebut terdapat rumah atau kamar yang dikontrakkan untuk mahasiswa yang berasal dari luar daerah tersebut.

Website digunakan sebagai sistem infomasi antara penduduk dengan mahasiswa yang tinggal di daerah tersebut. Website yang sudah dibuat oleh kelompok pemuda dan pemudi Pogung Kidul RW 049 dirasa masih belum bisa mengatasi masalah yang terjadi di daerah tersebut. Hal tersebut, kata Krisdiyanto, dibuktikan dengan adanya mahasiswa baru yang masih mencari tempat singgah dengan cara bertanya dari rumah ke rumah.

Website yang sudah ada di pedukuhan tersebut masih perlu ditambah beberapa fasilitas sistem informasi yang lain. Peningkatan kualitas dengan cara cross platform akan menambah pilihan pengguna dalam memilih aplikasi yang akan dipakai. Pelaksanaan pembauatan aplikasi cross platform tersebut dimulai dengan tahap observasi masalah kemudian pembuatan aplikasi tersebut sehingga masalah yang ada di daerah mitra dapat teratasi,” ujar Krisdiyanto.

PKM diawali dengan identifikasi masalah, observasi, sosialisasi ke kelompok pemuda pemudi Pogung Kidul RW 049, kemudian dilanjutkan pelaksanaan pembuatan aplikasi smartphone selama Februari hingga Juni 2020, dan peluncuran aplikasi smarthpone pada 28 Juli 2020.

“Pengabdian UMY sangat membantu menghadapi perkembangan dunia informasi dan mengembangkan portal informasi desa di Pogung Kidul RW 049 melalui website dan aplikasi smartphone,” kata Muhamad Naufal Fikri, Ketua Pemuda RW049 Pogung Kidul.