Advertisement

Aplikasi yang Dikembangkan UMY Mudahkan Masyarakat Pogung Kidul Sleman

Media Digital
Kamis, 15 Oktober 2020 - 17:47 WIB
Budi Cahyana
Aplikasi yang Dikembangkan UMY Mudahkan Masyarakat Pogung Kidul Sleman Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di RW 049 Pogung Kidul, Sinduadi, Mlati, Sleman, berbasis teknologi informasi. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di RW 049 Pogung Kidul, Sinduadi, Mlati, Sleman, berbasis teknologi informasi. PKM yang diinisiasi Krisdiyanto, dosen Teknik Mesin Fakultas Teknik UMY tersebut membuat aplikasi smartphone sebagai sarana sistem informasi. Program itu diikuti 48 anggota kelompok pemuda pemudi Pogung Kidul RW 049 dan berlangsung dar Desember 2019 sampai dengan Juli 2020.

“Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah mengajarkan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat untuk menghadapi perkembangan informasi saat ini,” kata Krisdiyanto melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Advertisement

RW 049 Pogung Kidul berdampingan langsung dengan sebuah kampus sehingga lokasi tersebut terdapat rumah atau kamar yang dikontrakkan untuk mahasiswa yang berasal dari luar daerah tersebut.

Website digunakan sebagai sistem infomasi antara penduduk dengan mahasiswa yang tinggal di daerah tersebut. Website yang sudah dibuat oleh kelompok pemuda dan pemudi Pogung Kidul RW 049 dirasa masih belum bisa mengatasi masalah yang terjadi di daerah tersebut. Hal tersebut, kata Krisdiyanto, dibuktikan dengan adanya mahasiswa baru yang masih mencari tempat singgah dengan cara bertanya dari rumah ke rumah.

Website yang sudah ada di pedukuhan tersebut masih perlu ditambah beberapa fasilitas sistem informasi yang lain. Peningkatan kualitas dengan cara cross platform akan menambah pilihan pengguna dalam memilih aplikasi yang akan dipakai. Pelaksanaan pembauatan aplikasi cross platform tersebut dimulai dengan tahap observasi masalah kemudian pembuatan aplikasi tersebut sehingga masalah yang ada di daerah mitra dapat teratasi,” ujar Krisdiyanto.

PKM diawali dengan identifikasi masalah, observasi, sosialisasi ke kelompok pemuda pemudi Pogung Kidul RW 049, kemudian dilanjutkan pelaksanaan pembuatan aplikasi smartphone selama Februari hingga Juni 2020, dan peluncuran aplikasi smarthpone pada 28 Juli 2020.

“Pengabdian UMY sangat membantu menghadapi perkembangan dunia informasi dan mengembangkan portal informasi desa di Pogung Kidul RW 049 melalui website dan aplikasi smartphone,” kata Muhamad Naufal Fikri, Ketua Pemuda RW049 Pogung Kidul.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Jadwal Terbaru KRL Jogja Solo dan KRL Solo Jogja Hari Ini, Jumat 29 Maret 2024

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 02:37 WIB

Advertisement

alt

Film Horor Gunakan Unsur Islam dalam Judul, MUI Sebut Simbol Agama Harus di Tempat yang Pas

Hiburan
| Selasa, 26 Maret 2024, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement