UMY Tingkatkan Kebahagiaan Lansia Gojo Gunungkidul

Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN/PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Dusun Gojo, Kecamatan Nglipar, Gunungkidul, memberdayakan lansia setempat dengan kegiatan bertema Mindfulness for Happiness pada Lansia.
14 Oktober 2020 22:12 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Dusun Gojo, Kecamatan Nglipar, Gunungkidul, memberdayakan lansia setempat dengan kegiatan bertema Mindfulness for Happiness pada Lansia.

Novia Fetri Aliza, dosen Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam UMY, yang menjadi pembimbing KKN tersebut mengatakan Mindfulness for Happiness pada Lansia digelar pada 12 Januari 2020 dan diikuti 28 lansia Dusun Gojo. Tujuan kegiatan pengabdian tersebut adalah meningkatkan kebahagiaan lansia

“Lansia memiliki produktivitas kerja yang menurun bahkan sudah tidak mampu memenuhi kehidupannya sendiri, sehingga ketika hanya berada di rumah dengan kesendirian, lansia kehilangan rasa percaya diri, kesepian, mudah merasa bersalah kepada anak cucu serta lebih banyak melamun karena merasa sedih. Mindfullness mampu membantu lansia memiliki keterampilan memanajemen emosi, menghargai setiap rahmat yang diberikan Tuhan terutama nikmat hidup, bernapas, berjalan, dan anggota tubuh yang lain yang masih bisa berfungsi,” kata Novia melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Menurut dia, latihan mindfullness sederhana yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah juga memberikan pengaruh terhadap ketenteraman jiwa serta berdampat positif terhadap kesehatan.

“Satu orang peserta melaporkan bahwa kakinya yang selama ini sakit dibawa berjalan setelah rutin melakukan mindfullness selama satu pekan rasa sakit pada kaki mulai berkurang. Mindfullness juga menyebabkan lansia bisa ikhlas dan tenang menjalankan hidup di usia senja,” ujar dia.

“Latihan mindfullness dapat menjadi alternatif kegiatan yang dapat dilakukan lansia dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.”