UMY Latih Takmir Masjid Baitul Jannah Jetis Bantul Kelola Keuangan

Pelatihan pengelolaan keuangan di Masjid Baitul Jannah Jetis RT03/RW10, Tamantirto, Kasihan, Bantul. - Istimewa
13 Oktober 2020 22:12 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Pengelolaan keuangan masjid sangat penting agar benar-benar bermanfaat untuk umat. Hal itu melatarbelakangi  Wihandaru Sotya Pamungkas, dosen Manajemen, Fakultas  Ekonomi Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) membuat pelatihan pengelolaan keuangan di Masjid Baitul Jannah Jetis RT03/RW10, Tamantirto, Kasihan, Bantul.

Pelatihan yang menjadi bagian dari Program Kemitraan Masyarakat UMY itu diikuti 27 orang yang terdiri dari takmir, pengelola pengajian ibu-ibu, pengelola TPA, dan jemaah Masjid Baitul Jannah.

“Tujuan kegiatan ini adalah mengelola keuangan masjid berbasis kegiatan agar dapat digunakan untuk pengambilan keputusan,” kata Wihandaru melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Kegiatan dimulai dengan penjelasan pentingnya pengelolaan keuangan masjid dan dilanjutkan dengan latihan serta pendampingan agar peserta dapat menyusun laporan keuangan menggunakan software Excel.

“Peserta antusias karena pelatihan ini sangat membantu mereka memahami laporan keuangan dan membantu bendahara membantu menyusun laporan keuangan,” ucap dia.