UMY Latih Kader Muhammadiyah Tangani Cedera & Pasien Lansia

Pelatihan kader Muhammadiyah dan masyarakat dalam merawat pasien lansia dan pasien palliatif di rumah. - Istimewa
01 Oktober 2020 19:12 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) yang diketuai Lisa Musharyanti, dosen Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (PSIK/FKIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, membekali kader Muhammadiyah dan masyarakat dalam merawat pasien lansia dan pasien palliatif di rumah.

Kegiatan pengabdian ini berlangsung di Masjid Darussalam Sedayu, Bantul pada 23 Februari dan 8 Maret 2020 dan diikuti 14 orang.

“Tujuan kami adalah  memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada kader Muhammadiyah dan masyarakat  tentang pencegahan cedera pasien dan lansia di rumah sehingga perawatan di rumah lebih aman untuk pasien,” ujar Lisa melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Kegiatan diawali dengan dialog tentang pengalaman merawat keluarga yang sakit atau lansia, dilanjurkan dengan ceramah tentang pencegahan dan penanganan cedera, pemutaran video dan demonstrasi pemakaian alat-alat bantu seperti kruk, walker, kursi roda, serta cara membantu pasien berpindah tempat agar tidak mudah jatuh. Kegiatan ditutup dengan diskusi, tanya jawab, dan menanyakan respon peserta.

Menurut Lisa, peserta merasa materi dan demonstrasi yang diberikan sangat bermanfaat.

“Karena selama ini terkadang peserta merasa kebingungan saat membantu pasien berpindah dan melakukan aktivitas sehari-hari agar tidak cedera atau jatuh. Pelatihan untuk kader Muhammadiyah dan masyarakat dalam pencegahan dan penanganan cedera pada pasien paliatif dan lansia sangat bermanfaat untuk kualitas hidup pasien dan lansia yang lebih baik,” ujar dia.