Advertisement

UMY Latih Kader Muhammadiyah Tangani Cedera & Pasien Lansia

Media Digital
Kamis, 01 Oktober 2020 - 19:12 WIB
Budi Cahyana
UMY Latih Kader Muhammadiyah Tangani Cedera & Pasien Lansia Pelatihan kader Muhammadiyah dan masyarakat dalam merawat pasien lansia dan pasien palliatif di rumah. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) yang diketuai Lisa Musharyanti, dosen Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (PSIK/FKIK) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, membekali kader Muhammadiyah dan masyarakat dalam merawat pasien lansia dan pasien palliatif di rumah.

Kegiatan pengabdian ini berlangsung di Masjid Darussalam Sedayu, Bantul pada 23 Februari dan 8 Maret 2020 dan diikuti 14 orang.

Advertisement

“Tujuan kami adalah  memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada kader Muhammadiyah dan masyarakat  tentang pencegahan cedera pasien dan lansia di rumah sehingga perawatan di rumah lebih aman untuk pasien,” ujar Lisa melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Kegiatan diawali dengan dialog tentang pengalaman merawat keluarga yang sakit atau lansia, dilanjurkan dengan ceramah tentang pencegahan dan penanganan cedera, pemutaran video dan demonstrasi pemakaian alat-alat bantu seperti kruk, walker, kursi roda, serta cara membantu pasien berpindah tempat agar tidak mudah jatuh. Kegiatan ditutup dengan diskusi, tanya jawab, dan menanyakan respon peserta.

Menurut Lisa, peserta merasa materi dan demonstrasi yang diberikan sangat bermanfaat.

“Karena selama ini terkadang peserta merasa kebingungan saat membantu pasien berpindah dan melakukan aktivitas sehari-hari agar tidak cedera atau jatuh. Pelatihan untuk kader Muhammadiyah dan masyarakat dalam pencegahan dan penanganan cedera pada pasien paliatif dan lansia sangat bermanfaat untuk kualitas hidup pasien dan lansia yang lebih baik,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Wanita Berkebaya Gelar Aksi dengan Mata Tertutup di Tugu Jogja, Merespons Jelang Pembacaan Putusan MK

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Lirik Lagu Kristen Tak Terbatas, Tuhan Akan Angkat Kamu From Mess to Masterpiece!

Hiburan
| Jum'at, 19 April 2024, 23:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement