Advertisement

UMY Berdayakan Warga Kalakijo Pajangan Kelola Sampah Secara Mandiri

Media Digital
Minggu, 27 September 2020 - 04:57 WIB
Budi Cahyana
UMY Berdayakan Warga Kalakijo Pajangan Kelola Sampah Secara Mandiri Tim pengabdian UMY memberikan hibah operasional berupa bantuan dana untuk kegiatan pengelolaan kelembagaan pilah sampah, 18 September 2020. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Program pengabdian masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dengan skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Dusun Kalakijo, Desa Guwosari, Kecamatan Pajangan, Bantul, mendampingi masyarakat setempat mengelola sampah secara mandiri.

Pengabdian yang diketuai Adhianty Nurjanah, dosen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan beranggotakan Aris Slamet, dosen Fakultas Pertanian, tersebut dilaksanakan pada Maret sampai dengan September 2020 dengan berbagai tahapan.

Advertisement

Observasi dan penyuluhan tokoh masyarakat Dusun Kalakijo digelar pada 12 Maret.

“Karena selama masa pendemi Covid-19 masyarakat membatasi akses keluar masuk dusun, sehingga kegiatan pendampingan harus diundur selama tiga bulan,” ujar Adhianty melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Pengabdian dilanjutkan dengan kunjungan ke Rumah Pilah Sampah (RPS) Kalakijo pada 9 Juli dan pendampingan inisiasi penguatan kelembagaan Rumah Pilah Sampah dilakukan pada 24 Juli 2020.

“Sosialisasi pengelolaan sampah untuk mendapatkan informasi atau gambaran yang utuh terkait kondisi masyarakat dan memotivasi masyarakat dusun dalam pengelolaan sampah dengan membentuk kelembagaan pilah sampah,” kata dia.

Kader RPS Kalakijo juga mengikuti pelatihan dan workshop pengelolaan sampah di Dusun Jejeran 1, Desa Wonokromo, Kecamatan Pleret pada 29 Juli 2020.

“Pelatihan dan workshop pengelolaan sampah bertujuan untuk menambah keterampilan pengurus RPS sehingga mampu menerapkan pengolahan sampah organik menjadi pupuk kompos,” kata Adhianty.

Tim Pengabdian UMY lantas menggelar pendampingan administrasi dan pembukuan pada 12 Agustus 2020 di RPS Kalakijo Bersih. Kegiatan dilaksanakan dengan protokol Covid-19 sehingga hanya dihadiri oleh perwakilan penggurus RPS sebagai kader kelembagaan pilah sampah.

Pada tahap akhir, UMY memberikan hibah operasional berupa bantuan dana untuk kegiatan pengelolaan kelembagaan pilah sampah.

“Hibah operasional dilaksanakan pada 18 September 2020 di Dusun Kalakijo. Kegiatan dihadiri oleh Tim Pengabdian UMY beserta perwakilan kelompok RPS Kalakijo Bersih,” ucap Adhianty.

Hibah tersebut berupa uang tunai sebesar Rp1 juta dan sejumlah sapu tangan. Tujuan dari penyerahan hibah operasional yaitu untuk menunjang sarana dan prasarana kelembagaan pilah sampah yang masih belum memadai. Hibah juga untuk memberikan motivasi kepada penggurus RPS agar tetap berkomitmen dalam mengelola kelembagaan pilah sampah.

Menurut dia, pengabdian ini telah mampu memberdayakan masyarakat Kalakijo dalam mengelola sampah secara mandiri.

“Tujuan kami adalah agar terjadi perubahan kesadaran serta perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Usulan Formasi PPPK-CPNS 2024 Disetujui Pusat, Pemkab Bantul: Kami Tunggu Kepastian Alokasinya

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Rela, Ungkapan Some Island tentang Kelam, Ikhlas dan Perpisahan

Hiburan
| Jum'at, 29 Maret 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement