UMY Tingkatkan Kapasitas Usaha Kuliner Surtri'as Panbar Berbasis Tanaman Obat Keluarga

Peningkatan Kapasitas Usaha Kuliner Berbasis Tanaman Obat Keluarga di Kelompok Surya Putri 'Aisyiyah Pandak Barat, Bantul. - Istimewa
25 September 2020 00:27 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta(UMY) yang diketuai Titiek Widyastuti dan beranggotakan  Eni Istiyanti serta Mutia Hariati Hussin mengisi Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan kegiatan bertema PKM Peningkatan Kapasitas Usaha Kuliner Berbasis Tanaman Obat Keluarga di Kelompok Surya Putri 'Aisyiyah Pandak Barat, Bantul.

Kegiatan itu berlangsung di Dusun Gluntung Kidul, Desa Caturharjo, Kecamatan Pandak, Bantul dan diikuti 20 anggota Kelompok Surya Putri 'Aisyiyah Pandak Barat (Surtri'as Panbar).

“Tujuan kami adalah meningkatkan kapasitas usaha kuliner berbasis tanaman obat keluarga di kelompok Surtri'as Panbar,” kata Eni Istiyanto, dosen Agribisnis, Fakultas Pertanian, UMY, melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Pengabdian ini berlangsung mulai 17 Mei sampai dengan 9 Agustus 2020 dengan beragam kegiatan, yakni pembuatan taman tanaman obat keluagra (toga) dengan memberikan bantuan uang, pelatihan dan praktik olahan kelor menjadi mi, puding, dan wedang, pelatihan dan praktek olahan jahe, penyuluhan budi daya tanaman obat.

Tim UMY juga memberikan bantuan peralatan pembuatan taman toga berupa seperangkat alat budidaya tanaman, bibit, bahan bangunan, gazebo, gapura; bantuan seperangkat alat pengolahan kelor dan jahe; serta bantuan gerobak angkringan dan kulkas untuk keperluan memasarkan produk usaha kuliner toga.

“Ketua Ranting ‘Aisyiyah sangat mendukung kegiatan pemberdayaan ini dan berharap kegiatan dapat dilanjutkan di waktu mendatang. Dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat ini kapasitas usaha kuliner meningkat, makanan yang dijual lebih bervariasi, manajemen usaha lebih baik dan pemasaran lebih luas,” ujar Eni.