Advertisement

UMY Berdayakan Perajin Anyaman Palitan Giripurwo Kulonprogo

Media Digital
Kamis, 24 September 2020 - 10:47 WIB
Budi Cahyana
UMY Berdayakan Perajin Anyaman Palitan Giripurwo Kulonprogo Kegiatan Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Dusun Nglengkong, Desa Giripurwo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) membantu menumbuhkan semangat kewirausahaan perajin anyaman palitan di Dusun Nglengkong, Desa Giripurwo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo.

Kegiatan pengabdian UMY di bawah bimbingan dosen Ilmu Pemerintahan Fisipol, Juhari Sasmito Aji, ini dilaksanakan pada 25 Februari 2020 dan diikuti 20 anggota kelompok perajin anyaman.

Advertisement

“Program ini ditujukan untuk mendorong jiwa kewirausahaan warga dalam kerajinan palitan melalui sosialisasi menumbuhkan semangat wirausaha,” ujar Juhari melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

UMY menggandeng Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kulonprogo.

“Tri Driyanti, perwakilan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kulonprogo memberikan pemahaman mengenai kebijakan industri produk kerajinan kepada para perajin serta memberikan pemahaman mengenai pentingnya kemandirian usaha dengan pembentukan wadah untuk kegiatan perajin anyaman palitan,” ujar Juhari.

Tim KKN UMY juga mengadakan pelatihan untuk para perajin anyaman palitan Dusun Nglengkong. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kulonprogo juga menghadiri pelatihan  anyaman palitan.

“Kegiatan terakhir dari program pengabdian ini yakni pendampingan motivasi kewirausahaan. Kegiatan ini bertempat di Pendhopo Sastro Suwarnan atau balai padukuhan, pemateri dalam acara yang berjudul Motivasi Kewirausahaan adalah Alien Akmalia, pengajar di Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Bisnis UMY,” ujar Juhari.

Menurut dia, antusiasme kelompok perajin anyaman palitan dan para remaja dalam kegiatan UMY cukup tinggi. Para perajin anyaman mulai tergerak membentuk organisasi.

“Lewat ini, perajin anyaman di Dusun Nglengkong yang awalnya tidak semuanya mengetahui cara pembuatan anyaman palitan kini mulai mahir. Biasanya seorang pengrajin hanya membuat satu jenis kerajinan anyaman sehingga tidak menguasai semua jenis kerajinan yang ada. Karena itu pelatihan ini menggunakan metode tutor sebaya dengan tujuan antar pengrajin dapat mengajari cara masing-masing jenis anyaman,” ucap dia.

Tim UMY juga membantu produsen memasarkan produk mereka melalui media sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Kronologi Bocah Hanyut Saat Bermain di Tepian Sungai Oyo

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Rela, Ungkapan Some Island tentang Kelam, Ikhlas dan Perpisahan

Hiburan
| Jum'at, 29 Maret 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement