UMY Kampanyekan Literasi Perdamaian

Peningkatan kapasitas Pimpinan Ranting Muhammadiyah Kadirojo, Palbapang, Bantul, 3 Juli 2020. - Istimewa
02 September 2020 04:27 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Surwandono, dosen Magister Ilmu Hubungan Internasional (MIHI) Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) meningkatkan kapasitas Pimpinan Ranting Muhammadiyah Kadirojo, Palbapang, Bantul, dalam membangun perdamaian melalui pendidikan literasi perdamaian.

Peningkatan kapasitas ini adalah bagian dari Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah). Kegiatan tersebut berlangsung di Masjid Kadirojo, Palbapang, pada 3 Juli 2020 dan diikuti 20 Pimpinan Ranting Muhammadiyah Kadirojo.

“Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kapasitas literasi perdamaian dan meningkatkan pengelolaan organisasi sosial keagamaan dalam mengelola konflik sosial keagamaan,” ujar Surwandono melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Peningkatan kapasitan ini dijalankan dalam berbagai aktivitas, meliputi penyiapan dokumen untuk pelaksanaan pengabdian, penyusunan modul Teologi Perdamaian al-Hujurat, pendampingan, penyerahan bantuan untuk tindak lanjut pengabdian, penulisan artikel pengabdian di Jurnal Aksilogiya, serta pengurusan software pengelolaan perdamaian Muhammadiyah.

Surwandono mengatakan Pimpinan Muhammadiyah Kadirojo mengucapkan terima kasih atas kerja sama peningkatan kapasitas organisasi dan berharap peningkatan kapasitas organisasi persyarikatan dapat terus dilakukan secara sistematis.

“Kegiatan ini dapat berlangsung dengan baik dengan menggunakan protokol kesehatan secara ketat,” ujar dia.