Lewat Aplikasi, Data Golongan Darah Lebih Mudah Diketahui

Pengabdian UMY di TK Al Fatah Sedan, Ngaglik, Sleman. - Istimewa
29 Agustus 2020 19:57 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Mega Octavia, dosen Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) membantu TK Al Fatah Sedan, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, memanfaatkan aplikasi teknologi menggunakan Android Based Health Record Students untuk mempermudah penyimpanan dan penyajian data golongan darah yang mudah dan cepat di taman kanan-kanak tersebut.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) UMY tersebut berlangsung di TK Al Fatah Sedan pada Sabtu, 14 Maret 2020. Kegiatan itu diikuti 48 orang tua siswa dan 75 siswa TK.

“Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan orang tua siswa tentang pentingnya pemeriksaan golongan darah, mendorong siswa TK mengetahui lebih dini jenis golongan darah ABO dan rhesusnya, serta memudahkan pencarian database kesehatan siswa dengan pembuatan aplikasi Android Based Health Record Students,” kata Mega melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Pengabdian UMY ini dibagi dalam tiga tahap, yakni sosialisasi dan edukasi tentang pentingnya pemeriksaan pada orang tua siswa yang diisi oleh seorang dokter, pemeriksaan golongan darah oleh farmasis dan organisasi TBO Prodi Farmasi FKIK UMY kepada siswa TK, serta pembuatan aplikasi software database kesehatan siswa.

“Acara sangat bermanfaat terbukti dengan peningkatan pengetahuan tentang materi pada pre-test dan post-test, orang tua sangat senang karena disediakan pemeriksaan golongan darah gratis dan terdokumentasi. Pelaksanaan berjalan lancar, tetapi aplikasi software butuh waktu yang lama,” ujar Mega.