Bantu Atasi Pandemi, KKN 146 UMY Berikan Bantuan APD kepada Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Kendilo Kabupaten Paser Kalimantan Timur

Tim 146 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan pengabdian kepada masyarakat di Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Kendilo, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. - Istimewa
25 Agustus 2020 22:47 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, PASER, KALIMANTAN TIMUR—Tim 146 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan pengabdian kepada masyarakat di Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Kendilo, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.

Kegiatan ini dapat membantu KPHP Kendilo untuk mengurangi resiko penyebaran Covid-19 khususnya anggota KPHP Kendilo dan masyarakat sekitar.

“Program utama kami adalah mengoptimalisasikan media sosial seperti Facebook dan Instagram serta website untuk pemasaran online serta sosialisasi mengenai strategi digital marketing sebagai kanal utama pemasaran di tengah kondisi seperti ini, saat aktivitas dibatasi dan masyarakat dianjurkan untuk beraktivitas dengan mengkuti protokol kesehatan seperti menjaga jarak, selalu mencuci tangan dan menggunakan masker,” kata Ariq Shalahudin Al Fayed, Ketua KKN 146, Selasa (25/8/2020).

KPHP Kendilo punya produk Kendilo Bee, madu yang diproduksi oleh usaha kecil menengah (UKM) yang berada di bawah naungan KPHP Kendilo.

Ariq mengatakan Tim KKN UMY mengimbau dan memberikan edukasi kepada anggota KPHP Kendilo Kabupaten Paser Kalimantan Timur untuk selalu waspada terhadap Covid-19 dengan memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) berupa masker dan hand sanitizer.

Bantuan APD diharapkan dapat menurunkan serta mencegah risiko penularan Covid-19 di kalangan anggota KPHP Kendilo Kabupaten Paser Kalimantan Timur beserta pengunjung yang datang ke kantor KPHP Kendilo Kabupaten Paser. Setelah menyerahkan APD, kelompok KKN 146 juga memberikan edukasi kepada mitra KPHP Kendilo beserta anggotanya mengenai cara mencuci tangan yang benar sesuai dengan panduan Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO).

Proses penyerahan APD secara simbolis kepada pengurus KPHP Kendilo ini didampingi oleh Adhianty Nurjanah, dosen pembimbing lapangan, melalui aplikasi Zoom. Terdapat enam mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan KKN ini yang berasal dari berbagai  fakultas. KKN ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat khususnya UMKM yang berada di Kabupaten Paser untuk meningkatkan perekonomian masyarakat ditengah pandemi.