Advertisement

UMY Tingkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Arab Remaja Masjid di Boyolali

Media Digital
Jum'at, 07 Agustus 2020 - 21:17 WIB
Budi Cahyana
UMY Tingkatkan Kualitas Pembelajaran Bahasa Arab Remaja Masjid di Boyolali Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Dusun Temusari dan Tritis, Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. - Istimewa

Advertisement

Harianjoja.com, JOGJA—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Dusun Temusari dan Tritis, Desa Lencoh, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah memberdayakan remaja masjid sebagai fasilitator pembelajaran bahasa Arab.

Erma Febriani, dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Pendidikan Bahasa UMY, yang menjadi pembimbing KKN mengatakan kegiatan pemberdayaan itu berlangsung di Masjid Temusari dan TPA Tritis pada 24 Februari 2020.

Advertisement

“Mitra yang menjadi sasaran dalam program pengabdian ini adalah Kepala TPA Tritis, remaja Masjid Tritis, serta anak-anak TPA Tritis dan Temusari. Jumlah peserta kurang lebih 60, terdiri dari lima fasilitator  TPA dan 55 anak-anak  TPA. Latar belakang pekerjaan fasilitator adalah pedagang dan Ibu Rumah tangga. Sedangkan anak-anak TPA duduk di bangku SD dan SMP,” kata Erma melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Menurut dia, tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan semangat belajar bahasa Arab  pada anak-anak TPA dan memberikan berbagai pengalaman dan pencerahan yang dapat menjadi motivasi baru dalam proses pembelajaran bahasa Arab bagi pengelola TPA dan remaja masjid. Erma yang menjadi narasumber memberikan pelatihan penggunaan media bingo, scrabble, dan dan memberikan software program pembelajaran bahasa Arab Interaktif

“Dalam program ini, pembelajaran terfokus pada praktik bahasa Arab secara langsung, sehingga banyak memakai metode direct method dan demontrative method. Anak-anak TPA dan fasilitator bahasa Arab  sangat antusias dan merasa puas dalam pelaksanaan pengabdian yang sesuai dengan yang diharapkan,” kata Erma.

Marli, Kepala TPA Tritis  berharap agar kerja sama ini dapat terjalin dengan baik.

“Semoga silaturahmi akademik ini bisa terus belanjut, dengan berbagai bentuk kegiatan lainnya untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran di TPA,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Sabtu 20 April 2024: Normalisasi Tanjakan Clongop hingga Kuota CPNS

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Peringatan Hari Kartini 21 April: Youtube Rilis Dokumenter Perempuan Kreator

Hiburan
| Sabtu, 20 April 2024, 06:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement