UMY Ajarkan Istilah-Istilah Pandemi Covid-19 dalam Bahasa Jepang kepada Siswa MAN 2 Jogja

Webinar pembelajaran bahasa Jepang kepada siswa MAN 2 Jogja. - Istimewa
07 Agustus 2020 06:27 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberdayakan siswa ekstrakurikuler Bahasa Jepang MAN 2 Jogja melalui Program Game Edukasi dan Pengenalan Budaya Jepang.

Program pengabdian masyarakat UMY yang diinisiasi Rosi Rosiah, dosen Pendidikan Bahasa Jepang (PBJ), Fakultas Pendidikan Bahasa UMY ini berlangsung dua kali lewat platform Zoom Cloud, yakni pada 9 dan 16 Mei 2020. Peserta kegiatan itu adalah 13 murid ILC (International Language Class) MAN 2 Jogja.

“Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman siswa terhadap kosakata dan budaya Jepang dalam menghadapi pandemi Covid-19,” kata Rosi melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Tema kegiatan ini adalah O Uchi de Nihongo, kata bahasa Jepang yang dalam bahasa Indonesia berarti di rumah, karena di tengah pandemi Covid 19 ini semua kegiatan dilaksanakan dari rumah. “Begitu pun dengan proses belajar mengajar MAN 2 Jogja,” kata dia.

Webinar ini dilaksanakan dua kali, pertama 9 Mei 2020 dengan judul kegiatan Te o Araimashou yang berarti ayo mencuci tangan. Siswa ILC menonton video tutorial mencuci tangan yang baik dalam bahasa Jepang yang dibawakan oleh Boy Band Jepang Arashi.

“Kemudian kami mengajarkan kosakata baru dalam bahasa Jepang yang berhubungan dengan kegiatan mencuci tanga,” ujar Rosi.

Pertemuan kedua dilaksanakan pada 16 Mei 2020. Kegiatan masih dilaksanakan dengan metode webinar dengan materi ungkapan-ungkapan dalam bahasa Jepang di tengah pandemi Covid-19. “Banyak sekali istilah baru dalam bahasa Jepang yang muncul karena adanya pandemi covid 19 ini. ungkapan- ungkapan ini biasanya menjadi sering digunakan, misalnya dalam bahasa Indonesia terdapat isitlah PSBB,  OTG, ODP, dan lain-lain. Begitu pun dalam bahasa Jepang, terdapat beberapa istilah baru. Kami mengajarkan istilah baru melalui video pembelajaran dari Youtube. dan kemudian melakukan latihan bersama-sama,” ucap dia. 

Setelah mempelajari kosakata dalam bahasa Jepang, siswa pun melihat vlog berisi keseharian mahasiswa Prodi PBJ UMY yang sedang internship di Jepang di tengah pandemi.

“Diharapkan dengan menonton vlog, siswa ILC MAN 2 Jogja dapat termotovasi untuk terus beraktivitas di tengah kondisi yang tidak menentu ini,” ujar Rosi

Diah Wijiastuti, Guru Bahasa Jepang MAN 2 Jogja, mengapresiasi pelaksanaan PKM dan berpendapat bahwa PKM ini sangat menarik dan memberikan informasi baru bagi siswa ILC MAN 2 Jogja.