Advertisement

Mudah Belajar Bahasa Arab Melalui Pohon Cita-Cita

Media Digital
Jum'at, 07 Agustus 2020 - 04:27 WIB
Budi Cahyana
Mudah Belajar Bahasa Arab Melalui Pohon Cita-Cita Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) di Rumah GACA Kraton. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Erma Febriarni, dosen Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Pendidikan Bahasa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), meningkatkan kompetensi mengajar instruktur bahasa Arab melalui Program Pelatihan Desain Media Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif  pada Relawan Rumah GACA Kraton Jogja.

Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) ini bertempat di Rumah GACA Kraton, Jalan Namburan Kidul No. 30 Jogja, pada 2 Januari sampai akhir Februari 2020. Mitra yang menjadi sasaran dalam program pengabdian ini adalah sukarelawan dan anak-anak Rumah GACA Kraton.

Advertisement

Kegiatan itu diikuti 21 peserta yang terdiri dari empat sukarelawan GACA Kraton dan 17 anak-anak Rumah GACA Kraton. Latar belakang pekerjaan sukarelawan GACA Kraton cukup beragam, meliputi ibu tangga, guru PAUD, guru SMP, dan dosen. Adapun anak-anak Rumah GACA Kraton duduk di bangku SD dan SMP.

“Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan semangat belajar Bahasa Arab  pada diri anak-anak sekaligus meningkatkan kompetensi sukarelawan GACA Kraton sebagai fasilitator bahasa Arab melalui pelatihan penggunaan media bingo, scrabble, bernyanyi, dan pohon cita-cita,” kata Erma melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Menurut Erma, pembelajaran bahasa Arab sangat penting sebagai penunjang untuk mendalami  agama dan melahirkan remaja-remaja yang berakhlak mulia, taat ibadah, serta memahami dan mengamalkan Al-Qur’an.

Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) ini dilaksanakan setiap dua pekan pada Minggu, dimulai dari 2 Januari 2020 sampai dengan akhir Februari 2020.  Erma Febriani sebagai  narasumber dalam kegiatan ini, memberikan pengenalan dan penggunaan macam-macam media pembelajaran Bahasa Arab. Dalam kegiatan ini, Erma mendesain pohon cita-cita berbahasa Arab sebagai media pembelajaran yang digunakan

“Pembelajaran atau pengenalan Bahasa Arab bersama dengan dua mahasiswi USIM juga dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan motivasi pada sukarelawan dan anak-anak Rumah GACA Kraton untuk lebih semangat dalam mengenal Bahasa Arab. Relawan dan anak-anak Rumah GACA Kraton sangat antusias dan merasa puas dalam pelaksanaan pengabdian yang sesuai dengan yang diharapkan,” kata dia.

Sementara, Siti Roikhanah, Ketua Rumah GACA Kraton berharap agar kerja sama ini dapat terjalin dengan baik dan terus berkelanjutan, sehingga UMY dan Rumah GACA Kraton dapat bersinergi untuk meningkatkan kegiatan pembelajaran bahasa asing, khususnya Arab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Tidak Berizin, Satpol PP Jogja Menyegel Empat Reklame Papan Nama Toko

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Siap-Siap! Ini Jadwal dan Cara Ikut War Tiket Konser Sheila on 7

Hiburan
| Kamis, 18 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement