Advertisement

Keluarga Cinta Tanaman Sayur Dibentuk di Dusun Puluhan Lor

Media Digital
Jum'at, 07 Agustus 2020 - 02:27 WIB
Budi Cahyana
Keluarga Cinta Tanaman Sayur Dibentuk di Dusun Puluhan Lor Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Dusun Puluhan Lor, Desa Trimurti, Srandakan, Bantul. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Keluarga cinta tanaman sayur dibentuk di Dusun Puluhan Lor, Desa Trimurti, Srandakan, Bantul, berkat Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dari 31 Desember 2019 sampai dengan 31 Juli 2020. Gerakan ini dibentuk sebagai pemberdayaan kelompok tani dusun setempat.

Dyah Mutiarin, dosen Magister Ilmu Pemerintahan UMY yang menjadi pembimbing KKN di Dusun Puluhan Lor mengatakan kegiatan ini dilakukan bersamaan dengan Program KKN UMY.

Advertisement

“Kegiatan ini dilakukan untuk memberdayakan Kelompok Wanita Tani  [KWT] di Dusun Puluhan Lor dalam mengatasi kemiskinan dengan kemandirian perempuan karena erempuan merupakan aktor penting dalam menanggulangi kemiskinan,” kata dia melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Anggota Kelompok Tani Wanita di Dusun Puluhan Lor berjumlah 30 orang. Pemberdayaan melalui pembentukan keluarga cinta tanaman sayuran di Dusun Puluhan Lor menjadi salah satu strategi untuk mengembangkan dan menghasilkan produk-produk pertanian untuk ketahanan pangan masyarakat terutama di masa pandemi Covid-19 ini.

“Pemberdayaan ini dilakukan juga untuk mengatasi beberapa permasalahan, seperti masih minimnya akses untuk pengembangan potensi, belum optimalnya keterlibatan kaum perempuan dalam kegiatan yang ada, serta masih rendahnya keterampilan khusus dalam memanfaatkan sumber daya yang ada di pedesaan,” ucap Dyah.

Melalui Program Kuliah Kerja Nyata-Pemberdayaan Pembelajaran Masyarakat (KKN-PPM), pemberdayaan ini memiliki tujuan umum untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para anggota KWT dalam membentuk kecintaan terhadap tanaman sayur dan memanfaatkan sumber daya perdesaan dalam pemeberdayaan perempuan.

Kepala Dusun Puluhan Lor Wongso Mulyono menyambut positif kegiatan pengabdian PPM KKN dari UMY, mengingat saat ini KWT di Dusun Puluhan Lor masih memerlukan pendampingan untuk penguatan wawasan, pengetahuan dan ketrampilan terkait ketahanan keluarga dari sisi pangan. Sementara, Ketua KWT menaruh harapan besar kepada Program Pengabdian Masyarakat UMY supaya dapat mengembangkan pertanian atau setidaknya mengembangkan lahan milik KWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Viral Balon Udara Tiba-tiba Mendarat di Runway Bandara YIA

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 08:17 WIB

Advertisement

alt

Peringatan Hari Kartini 21 April: Youtube Rilis Dokumenter Perempuan Kreator

Hiburan
| Sabtu, 20 April 2024, 06:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement