Advertisement

Dusun Plumbon Manfaatkan Tenaga Surya untuk Penerangan Jalan

Media Digital
Rabu, 05 Agustus 2020 - 16:47 WIB
Budi Cahyana
Dusun Plumbon Manfaatkan Tenaga Surya untuk Penerangan Jalan UMY memberikan bantuan lampu penerangan jalan yang bersumber dari tenaga surya. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dusun Plumbon, Desa Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Bantul, memanfaatkan listrik tenaga surya sebagai penerangan jalan berkat Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Lewat program yang diinisiasi Muhammad Abdus Shomad, dosen D3 Teknologi Mesin Program Vokasi UMY, 20 lampu yang bersumber dari listrik tenaga surya dipasang di RT12 Plumbon, tepatnya di jalan utama penghubung Dusun Plumbon dengan Dusun Karangjambe. UMY memberikan bantuan lampu penerangan jalan yang bersumber dari tenaga surya.

Advertisement

“Penerangan jalan ini memanfaatkan tenaga surya dan bertujuan mengurangi jumlah tindak kriminal yang sering terjadi di wilayah tersebut karena selama ini jalan tersebut kurangn penerangan,” kata Abdus Shomad melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Dia mengatakan tokoh masyarakat Seperti Kepala Dusun Plumbon Aris Purnomo, BPD Desa Banguntapan Sudarjono, dan Ketua RW Se-Plumbon Supardi mengucapkan terima kasih kepada UMY atas kegiatan pengabdian ini.

“Mereka berharap kegiatan ini terus berlanjut dalam kerja sama lainnya, misalnya pompa irigasi bertenaga surya,” kata Abdus Shomad.

“Warga dan tokoh masyarakat  sangat antusias. Warga memberikan respons positif serta dukungan terhadap program ini. Dari kegiatan pengabdian ini, UMY mendapatkan kesan sebagai kampus peduli yang berperan aktif terhadap perkembangan dan kemajuan kewilayahan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Termasuk Jogja, BMKG Ingatkan Sebagian Besar Wilayah Indonesia Waspada Cuaca Ekstrem

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 09:17 WIB

Advertisement

alt

Film Korea Selatan Terbaru, Jo Jung Suk Tampil sebagai Pilot Cantik

Hiburan
| Rabu, 17 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement