Advertisement

Melalui Webinar, Dosen UMY Tingkatkan Kosa Kata Arab Murid TPA Kuala Lumpur Malaysia

Media Digital
Jum'at, 31 Juli 2020 - 22:17 WIB
Budi Cahyana
Melalui Webinar, Dosen UMY Tingkatkan Kosa Kata Arab Murid TPA Kuala Lumpur Malaysia Webinar yang diadakan Muh. Naim Madjid, dosen Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Pendidikan Bahasa, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Muh. Naim Madjid, dosen Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Pendidikan Bahasa, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan kerja sama internasional melalui webinar dengan Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah 'Aisyiyah Kampung Baru, Chowkit Kuala Lumpur, Malaysia.

Pengabdian UMY dengan judul Peningkatan Kosa Kata Arab Murid Taman Pendidikan Al-Quran Pimpinan Ranting Istimewa Muhammadiyah 'Aisyiyah Kg. Baru, Chowkit Kuala Lumpur, Melalui Kombinasi Metode Read Aloud dan Bernyanyi ini diadakan untuk murid TPA PRIMA, Wisma Sabarudin Jln. Raja Alang, Kampung Baru, Kuala Lumpur, Malaysia, dan digelar pada Senin (27/7/2020) pukul 19.30-22.00 WIB melalui Zoom dan Live Youtube.

Advertisement

"Tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan kosa kata bahasa Arab murid TPA PRIMA Kampung Baru melalui pelatihan kombinasi metode read aloud dan bernyanyi," ujar Naim melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

"Pengabdian kerja sama internasional ini dilakukan melalui sebuah webinar antara PBA UMY dengan Mintarsih Warijan, Kepala TPA PRIMA Kampung Baru Kuala Lumpur, dan Muntamakhin, Ketua PRIM Kampung Baru Kuala Lumpur."

Webinar ini diinisiasi oleh Muh. Naim Madjid selaku ketua pelaksana, juga ketua tim pengabdian. Naim Madjid juga menjadi narasumber bersama Ainikke Zakiyyatul Fitriani, mahasiswi PBA dan pengajar TPA MGA Yogyakarta, serta Harfi Hardiansyah Putra,mahasiswa PBA dan juara pidato bahasa Arab Tingkat Nasional Bandung 2019.

Menurut dia, terdapat tiga buah tema kosa kata Arab yang diperkenalkan, yaitu: Islam Agamaku, Keluarga, dan Rumah. Ketiganya dipraktikkan dalam tiga buah lagu karya dan kreativitas sendiri (2 buah lagu oleh Muh. Naim Madjid dan 1 buah lagu oleh Ainikke Zakiyyatul Fitriani).

"Perserta dalam kegiatan pengabdian ini adalah para murid TPA PRIMA yang didampingi oleh para guru serta beberapa pengurus PRIMA Kg. Baru Kuala Lumpur. Keseluruhan dihadiri kurang lebih 50 orang," kata Naim.

Miitra pengabdian UMY merasa puas terhadap hasil pengabdian yang sesuai dengan solusi yang diharapkan dan dapat dimanfaatkan secara maksimal. 

"Kami berharap kerja sama ini dapat terjalin dengan baik dan terus berkelanjutan," kata Mintarsih Warijan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Info Stok Darah dan Jadwal Donor Darah Rabu 24 April 2024 di PMI se-DIY

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Berikut Rangkaian Program Pilihan Keluarga Indonesia Paling di Hati, Hanya di MNCTV

Hiburan
| Selasa, 23 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement