Advertisement

Agroteknologi UMY Berikan Pelatihan Pembuatan Pakan Buatan Serangga kepada Peternak Ulat Sutera

Media Digital
Kamis, 30 Juli 2020 - 14:47 WIB
Budi Cahyana
Agroteknologi UMY Berikan Pelatihan Pembuatan Pakan Buatan Serangga kepada Peternak Ulat Sutera Pelatihan perbanyakan ulat sutera kepada kelompok usaha JAMTRA MAS melalui kegiatan pengabdian masyarakat UMY yang dipimpin oleh Dina Wahyu Trisnawati dan Ihsan Nurkomar, Kamis (30/7/2020). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, Departemen Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberikan pelatihan perbanyakan ulat sutera kepada kelompok usaha JAMTRA MAS melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang dipimpin oleh Dina Wahyu Trisnawati dan Ihsan Nurkomar, Kamis (30/7/2020).

Kelompok JAMTRA MAS adalah kelompok usaha yang memproduksi kain sutera dari ulat Samia cynthia.

Advertisement

“Selama ini perbanyakan ulat dilakukan dengan pemberian pakan alami. Sebagai upaya peningkatan keefektifan perbanyakan serangga, kami memberikan pelatihan pembuatan pakan buatan agar penyediaan pakan bagi ulat tidak menjadi kendala. Harapannya pakan ini dapat digunakan sebagai pakan pengganti,” ujar Ihsan, anggota pelaksana pengabdian.

Pada kegiatan ini, para peserta juga diberi pelatihan mengenai cara perbanyakan serangga yang sesuai dengan bioekologi serangga. Hal itu mencakup cara menyediakan tempat, perawatan, dan manajemen populasi serangga.

Selain itu, Dina juga mengharapkan peserta mendapat transfer ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam bidang industri. Sudah saatnya masyarakat mengetahui dan memahami pentingnya ilmu pengetahuan dalam menunjang kehidupan sehari-hari.

“Kami menyambut gembira kegiatan pelatihan ini. Karena selama ini kami melakukan perbanyakan ulat dengan pengetahuan yang terbatas. Kami pun yakin usaha yang kami lakukan akan berkembang karena ada banyak hal lain yang dapat kami gali dan kembangkan lebih jauh secara bersama-sama,” tutur Yunianto Hargo Nugroho, Ketua Kelompok Usaha JAMTRA MAS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Top 7 News Harianjogja.com Rabu 8 Mei 2024: Masalah Sampah hingga Hasil Liga Champions

Jogja
| Rabu, 08 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Mahalini-Rizky Febian Gelar Acara Adat Mepamit, Ini Rangkaian Upacara Pernikahan Tradisi Bali

Hiburan
| Senin, 06 Mei 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement