Agroteknologi UMY Berikan Pelatihan Pembuatan Pakan Buatan Serangga kepada Peternak Ulat Sutera

Pelatihan perbanyakan ulat sutera kepada kelompok usaha JAMTRA MAS melalui kegiatan pengabdian masyarakat UMY yang dipimpin oleh Dina Wahyu Trisnawati dan Ihsan Nurkomar, Kamis (30/7/2020). - Istimewa
30 Juli 2020 14:47 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, Departemen Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberikan pelatihan perbanyakan ulat sutera kepada kelompok usaha JAMTRA MAS melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang dipimpin oleh Dina Wahyu Trisnawati dan Ihsan Nurkomar, Kamis (30/7/2020).

Kelompok JAMTRA MAS adalah kelompok usaha yang memproduksi kain sutera dari ulat Samia cynthia.

“Selama ini perbanyakan ulat dilakukan dengan pemberian pakan alami. Sebagai upaya peningkatan keefektifan perbanyakan serangga, kami memberikan pelatihan pembuatan pakan buatan agar penyediaan pakan bagi ulat tidak menjadi kendala. Harapannya pakan ini dapat digunakan sebagai pakan pengganti,” ujar Ihsan, anggota pelaksana pengabdian.

Pada kegiatan ini, para peserta juga diberi pelatihan mengenai cara perbanyakan serangga yang sesuai dengan bioekologi serangga. Hal itu mencakup cara menyediakan tempat, perawatan, dan manajemen populasi serangga.

Selain itu, Dina juga mengharapkan peserta mendapat transfer ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam bidang industri. Sudah saatnya masyarakat mengetahui dan memahami pentingnya ilmu pengetahuan dalam menunjang kehidupan sehari-hari.

“Kami menyambut gembira kegiatan pelatihan ini. Karena selama ini kami melakukan perbanyakan ulat dengan pengetahuan yang terbatas. Kami pun yakin usaha yang kami lakukan akan berkembang karena ada banyak hal lain yang dapat kami gali dan kembangkan lebih jauh secara bersama-sama,” tutur Yunianto Hargo Nugroho, Ketua Kelompok Usaha JAMTRA MAS.