Advertisement

Rohis SMKN 1 Seyegan Dapatkan Pemahaman Moderasi Islam dari UMY

Media Digital
Kamis, 30 Juli 2020 - 13:07 WIB
Budi Cahyana
Rohis SMKN 1 Seyegan Dapatkan Pemahaman Moderasi Islam dari UMY Diskusi moderasi dan radikalisme Islam di SMKN 1 Seyegan, Senin (28/7/2020). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMANUniversitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menanamkan moderasi Islam kepada aktivis kerohanian Islam (rohis) di SMKN 1 Seyegan untuk membendung pengaruh radikalisme agama.

Sidiq Ahmadi, dosen Hubungan Internasional UMY, mengadakan diskusi moderasi dan radikalisme yang diikuti 25 aktivis rohis SMKN 1 Seyegan pada Senin (28/7/2020). Tujuan kegiatan yang menjadi bagian Program Kemitraan Masyarakat (PKM) UMY itu adalah menumbuhkan imunitas pada aktivis rohis terhadap paham radikalisme Islam.

Advertisement

“Kegiatan dimulai dengan diskusi bersama guru pembina kegiatan rohis, terutama dengan Wakil Kepala SMKN 1 Seyegan Urusan Kesiswaan. Kegiatan selanjutnya adalah pemberian materi dan diskusi dengan aktivis rohis dan diperluas dengan pengurus OSIS,” kata Sidiq melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

“Di forum tersebut kami memulai dengan melakukan survei singkat melalui www.menti.com untuk mengetahui pemahaman dan respons perserta terhadap radikalisme Islam. Tahap selanjutnya adalah mendiskusikan beberapa topik utama dalam ideologi radikalisme Islam: jihad dan penerapan syariat Islam.  Melalui diskusi intraktif, kami menanamkan kepada mereka paham Islam moderat dalam topik jihad dan penerapan syariat Islam.”

Dia mengatakan lepala sekolah merespons sangat baik terhadap kegiatan ini. Namun, pandemi Covid-19 menghambat pelaksanaan kegiatan pengabdian ini. “Kami harus menunggu situasi cukup kondusif untuk bisa mendaptkan izin melaksanakan  kegiatan mengumpulkan siswa. Legiatan dilaksanakan dengan protokol pencegahan Covid-19 dengan jumlah siswa dan waktu terbatas,” ucap Sidiq.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri dari Jogja-Bandara YIA, Bantul, Sleman dan Sekitarnya

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Film Horor Gunakan Unsur Islam dalam Judul, MUI Sebut Simbol Agama Harus di Tempat yang Pas

Hiburan
| Selasa, 26 Maret 2024, 09:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement