Advertisement

Olahan Kelor Tambah Variasi Usaha Angkringan

Media Digital
Selasa, 28 Juli 2020 - 13:07 WIB
Budi Cahyana
Olahan Kelor Tambah Variasi Usaha Angkringan Penyuluhan kepada anggota Kelompok Toga Surtri'as Panbar di Desa Gluntung Kidul, Kecamatan Pandak, Bantul. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Tanaman kelor bisa dipakai untuk menambah variasi makanan yang dijual di angkringan.

Titiek Widyastuti, dosen Agroteknologi, Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadikan kelor sebagai fokus utama Program Kemitraan Masyarakat (PKM) UMY di kelompok Tiga Surtri’as Panbar Bantul.

Advertisement

Titiek memberikan penyuluhan kepada 20 anggota Kelompok Toga Surtri’as Panbar di Desa Gluntung Kidul, Kecamatan Pandak, Bantul.

“Kami berusaha menambah variasi olahan kelor dalam usaha angkringan dan peralatan yang lengkap agar usaha yang dirintis oleh Kelompok Toga Surtri’as Panbar semakin berkembang dan dapat menjadi percontohan bagi daerah lain yang akan mengembangkan usaha serupa,” kata Titiek melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Kegiatan diawali dengan penggalian potensi dan keinginan kelompok melalui forum diskusi baik individual maupun. Selanjutnya, Tim Pengabdian UMY memberikan penyuluhan dan praktik olahan kelor, penyuluhan manajemen usaha, bantuan peralatan olahan kelor, pendampingan pasca-pelatihan, dan monitoring and evaluating (monev).

“Kami juga membuat laporan kegiatan dan penggunaan anggaran serta publikasi hasil PKM di jurnal nasional, media massa, dan video yang diunggah di Youtube,” kata Titiek.

“Secara umum pelaksanaan PKM berjalan lancar. Ada sedikit kendala dalam teknis pelaksanaannya karena dampak pandemi Covid-19. Ada pengembangan metode dan pelatihan yang mundur dari jadwal yang direncanakan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Penyair Joko Pinurbo Wafat, Jenazah Disemayamkan di PUKJ Bantul

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Giliran Jogja! Event Seru Supermusic Superstar Intimate Session Janji Hadirkan Morfem

Hiburan
| Jum'at, 26 April 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement