Advertisement

UMY Tingkatkan Kualitas Pengajaran TK ABA Kentungan Melalui Pembuatan Video

Media Digital
Selasa, 28 Juli 2020 - 12:47 WIB
Budi Cahyana
UMY Tingkatkan Kualitas Pengajaran TK ABA Kentungan Melalui Pembuatan Video Tim Pengabdian UMY bersama guru TK ABA Kentungan, Sleman. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Faiza Husnayeni Nahar, dosen Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), dan Tim Pengabdian UMY mendorong peningkatan kualitas pengajaran di TK ABA Kentungan, Depok, Sleman, melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM).

Kegiatan itu diikuti tiga guru TK ABA Kentungan selama dua hari pada 6 dan 8 Juli 2020.

Advertisement

“Tujuan kami adalah meningkatkan performa guru TK agar dapat menyampaikan materi dengan baik secara daring sehingga murid-murid TK tertarik mendengarkan guru bercerita di Youtube atau media online lainnya. Kami memberikan pengetahuan mengenai pembuatan video yang baik dan pembuatan kanal Youtube agar guru dapat berkreasi sampai kapan pun,” kata Faiza melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Hari pertama diawali dengan FGD yang diisi oleh Majlis Dikdas Pimpinan Ranting Aisyiyah Condong Catur Barat yaitu Meika Kurnia Puji dan Dian Azmawati. Keduanya dosen UMY.

“Acara ini berisi pengenalan tentang konten yang bagus agar murid-murid tertarik dan mau mendengarkan guru,” kata Faiza.

Faiza juga menyampaikan pendapatnya agar program sesuai dengan instruksi Muhammadiyah dalam pembelajaran online.

Pelatihan dilanjutkan dengan pembuatan video. Guru-guru juga diberi masukan untuk membuat video pengenalan dan penyampaian materi

Hari kedua pelatihan adalah melanjutkan pembuatan video masa orientasi murid, seperti pengenalan guru, pengenalan kelas, lingkungan dan sebagainya. Pembuatan video diampul oleh alumnus Prodi Ekonomi FEB UMY,

“Kami juga melakukan seremoni serah terima bingkisan untuk majlis Dikdas Pimpinan Ranting Aisyiyah Concat Barat dan TK Aba Kentungan,” ujar Faiza dia.

“Dengan adanya kegiatan ini, kami berharap TK ABA dapat terbantu dari segi finansial dan nonfinansial. Ketika UMY memperhatikan peran guru dengan baik, saya yakin guru semakin semangat. Ini juga menjadi ajang promosi UMY dan menunjukkan kepada masyarakat bahwa pengabdian dapat dilakukan dari segala segmen,” kata Yulia Sawitri, Kepala Sekolah TK ABA Kentungan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Rela, Ungkapan Some Island tentang Kelam, Ikhlas dan Perpisahan

Hiburan
| Jum'at, 29 Maret 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement