Advertisement

Dengan TEHMU, Aisyiyah Ngawen Klaten Lebih Maju

Media Digital
Selasa, 28 Juli 2020 - 10:47 WIB
Budi Cahyana
Dengan TEHMU, Aisyiyah Ngawen Klaten Lebih Maju Serah terima gerobak (booth) TEHMU kepada anggota Ranting Aisyiyah Ngawen di Sandelan, Ngawen, 17 Juli 2020. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN—Dua dosen Prodi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Lestari Rahayu dan Nur Rahmawati, mengisi Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) dengan membantu anggota Aisyiyah Ngawen, Klaten, Jawa Tengah mengembangkan usaha olahan teh dengan merek TEHMU.

Lestari dan Nur memberikan pelatihan penjenamaan (branding) dan pengemasan (packaging) kepada 15 anggota Ranting Aisyiyah Ngawen di Sandelan, Ngawen, 17 Juli 2020.

Advertisement

“Target kami adalah memotivasi kelompok mitra agar dapat menemukan peluang usaha dengan teh tubruk TEHMU dan hasil produksi itu mempunyai izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT). Kami ingin kelompok mitra mampu menetapkan  branding dan packaging produk, mempromosikan produk dan memilih saluran distribusi yang tepat,” ujar Lestari melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Dua dosen UMY tersebut memberikan penyuluhan tentang keterampilan membuat meramu teh yang enak dan menyehatkan, mendemonstrasikan packaging dan pembuatan teh siap saji, praktik packaging dan penjualan TEHMU dan memberikan penyuluhan pentingnya pengemasan, promosi,  dan branding. Lestari dan Nur juga mendampingi pemasaran teh tubruk TEHMU dalam kemasan maupun  TEHMU siap saji yang dijual dengan gerobak.

“Kami sangat senang karena TEHMU membuat anggota Aisyiyah berwirausaha sehingga meningkatkan pendapatan. TEHMU menjadi  tambahan sumber pendanaan Aisyiyah Ngawen karena selama ini sumber pendanaan hanya berasal dari donatur,” ujar Umi Khasanah, Ketua Ranting Aisyiyah Ngawen.

“Branding dari teh yang dihasilkan anggota Aisyiyah Ngawen, yaitu TEHMU Nikmatnya Berbagi Manfaat. Artinya, usaha TEHMU akan memberikan banyak manfaat antara lain membuka peluang usaha sehingga dapat  meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan  anggota Aisyiyah. Masyarakat juga akan mendapatkan manfaat kesehatan dengan minum TEHMU. Izin produksi TEHMU adalah P-IRT 2103310010182-24,” kata Lestari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Sambut Pemudik dan Wisatawan Libur Lebaran 2024, Begini Persiapan Pemkab Gunungkidul

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Rela, Ungkapan Some Island tentang Kelam, Ikhlas dan Perpisahan

Hiburan
| Jum'at, 29 Maret 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement