Advertisement

UMY Dorong Pemanfaatan Pekarangan di Gondoarum Turi agar Produktif

Media Digital
Sabtu, 18 Juli 2020 - 09:57 WIB
Budi Cahyana
UMY Dorong Pemanfaatan Pekarangan di Gondoarum Turi agar Produktif Pemanfaatan pekarangan di Dusun Gondoarum, Wonokerto, Turi, Sleman, menjadi lahan produktif. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dua dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Septi Nur Wijayanti dan Agus Nugroho Setiawan, mendorong terwujudnya kemandirian pangan melalui Hatinya PKK di Dusun Gondoarum, Wonokerto, Turi, Sleman.

Upaya itu adalah bagian dari Program Kemitraan Masyarakat (PKM) UMY. Septi, dosen Hukum UMY, dan Agus, dosen Agroteknologi UMY, mengisi PKM dengan meningkatkan pengetahuan, wawasan dan ketrampilan ibu–ibu PKK Dusun Gondoarum dalam memanfaatkan dan mengelola pekarangan rumah untuk untuk mewujudkan Hatinya PKK.

Advertisement

“Kegiatan ini diikuti 60-75 orang anggota PKK dan warga Gondoarum,” kata Septi melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Menurut dia, halaman atau pekarangan rumah sangat potensial untuk dijadikan lahan pertanian. Selama ini, halaman dan pekarangan rumah lebih banyak dimanfaatkan untuk interaksi sosial, tempat bermain, atau taman. Namun dengan pengelolaan yang baik, halaman rumah bisa menjadi produktif

“Kegiatan pengabdian pada masyarakat dilakukan dengan penyuluhan, pelatihan, praktik di lapangan dan pengolahan hasil, serta pendampingan dan pembinaan,” ujar Septi.

Kegiatan ini juga diproyeksikan untuk mempersiapkan Gondoarum sebagai wakil Kecamatan Turi dalam Evaluasi Desa Unggulan Tahun 2020 bidang Hatinya PKK.

“Meskipun Evaluasi Desa Unggulan tidak dapat dilaksanakan tahun ini karena adanya pandemi Covid-19, pengabdian pada masyarakat telah memberikan kemanfaatan yang luas bagi masyarakat. Ketika masyarakat butuh asupan vitamin yang cukup, mereka dapat memenuhinya dengan mengonsumsi sayuran dari halaman sendiri sendiri. Tanaman di pekarangan juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, seperti jahe dan sereh,” tutur Septi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Lulusan Pertanahan Disebut AHY Harus Tahu Perkembangan Teknologi

Sleman
| Kamis, 25 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

alt

Dipanggil Teman oleh Bocah Berusia 2 Tahun, Beyonce Kirim Bunga Cantik Ini

Hiburan
| Kamis, 25 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement