Berkat Edukasi PHBS, Warga Pojok Turi Lebih Siap Hadapi Pandemi

Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta di Dusun Pojok, Wonokerto, Turi, Sleman. - Istimewa
18 Juli 2020 09:37 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Pemahaman tentang pentingnya pola hidup bersih dan sehat menjadi salah satu kegiatan dalam Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta di Dusun Pojok, Wonokerto, Turi, Sleman.

“PHBS merupakan perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran, sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri dan berperan aktif dalam kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat,” kata Agus Nugroho Setiawan, dosen pembimbing KKN UMY di Dusun Pojok, melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Agus, dosen Agroteknologi UMY, mengatakan usaha mewujudkan PHBS di Dusun Pojok dilakukan dengan meningkatkan pengetahuan, wawasan dan keterampilan 50 sampai dengan 75 ibu–ibu PKK Dusun Pojok dalam KKN PPM selama enam bulan yang dimulai pada Januari 2020.

“Kegiatan KKN PPM di Dukuh Pojok dilakukan dengan menerjunkan 10 mahasiswa untuk mengisi berbagai kegiatan antara lain penyuluhan, pelatihan, pendampingan di lapangan, pengadaan fasilitas kesehatan, dan kampanye kesehatan,” ujar Agus.

Pengabdian pada masyarakat untuk mewujudkan perilaku hidup bersih sehat  di Dusun Pojok juga diproyeksikan sebagai persiapan Dusun Pojok menjadi wakil Kecamatan Turi dalam Evaluasi Desa Unggulan Tahun 2020 Bidang PHBS.

“Tetapi pelaksanaannya ditunda karena adanya pandemi Covid-19,” kata Agus.

Meskipun evaluasi desa unggulan tidak dapat dilaksanakan tahun ini, pengabdian UMY telah memberikan kemanfaatan yang sangat luas bagi masyarakat Pojok.

“Pengabdian pada masyarakat sudah berjalan dengan baik, dengan beberapa tahapan sesuai yang dierncanakan. Pada masa pandemi Covid-19, masyarakat diminta untuk selalu menerapkan perilaku hidup bersih sehat, masyarakat Pojok sudah siap dan terbiasa dengan PHBS karena sudah mendapat edukasi,” ucap Agus.