Kader Muda Muhammadiyah Diberi Pelatihan Merawat Lansia

Pelatihan peningkatan pengetahuan dan ketrampilan untuk kader muda Muhammadiyah dalam penatalaksanaan gejala pada lansia yang diadakan UMY di Sedayu, 8 Maret 2020. - Istimewa
13 Juli 2020 10:22 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, BANTULUniversitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menaruh perhatian besar terhadap lansia. Melalui Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah), Erna Rochmawati. Dosen Magister Keperawatan, Program Pascasarjana, memberikan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader muda Muhammadiyah dalam merawat lansia.

PPM-Muhammadiyah ini berlangsung di Sedayu, 8 Maret 2020, dan diikuti 15 kader muda Muhammadiyah

Pelatihan dilakukan dalam dua sesi. Setiap sesi kurang lebih 45 menit. Pelatihan diisi oleh Erna Rochmawati, dua mahasiswa Magister Keperawatan UMY, dan satu volunteer dari Australia. Sesi pertama mengenai gejala-gejala atau keluhan yang sering dialami oleh lansia.

“Pada sesi ini kami penyampaikan keluhan yang sering dialami misalnya nyeri, sesak nafas dan penurunan nafsu makan,” kata Erna.

Sesi kedua berisi penjelasan mengenai tindakan sederhana yang dapat dilakukan oleh orang awam dalam mengurangi keluhan. Pada sesi kedua ini, pemateri memberikan contoh bagaimana melakukan teknik napas dalam untuk mengurangi nyeri dan mengurangi sesak napas. Selanjutnya, masing-masing kader peserta pelatihan diminta untuk melakukan redemonstrasi.

“Pada kegiatan ini, kami melakukan pre-test dan post-test untuk mengetahui peningkatan pengetahuan. Untuk meningkatkan motivasi kader peserta pelatihan, diberikan doorprize untuk peserta dengan nilai terbaik, dan peserta teraktif,” ujar Erna.

“Peserta selama ini sudah merawat lansia dan pelatihan ini membuat mereka merasa lebih siap menangani keluhan lansia.”