Advertisement

Lewat Pelatihan & Bantuan Alat Komunikasi, UMY Berdayakan Masyarakat Merapi

Media Digital
Senin, 18 Mei 2020 - 17:37 WIB
Budi Cahyana
Lewat Pelatihan & Bantuan Alat Komunikasi, UMY Berdayakan Masyarakat Merapi Pemberian bantuan alat komunikasi oleh UMY kepada masyarakat sekitar Merapi di rumah Ketua UMMC Subagyo yang menjabat Kepala Dusun Pangukrejo, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMANUniversitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberdayakan masyarakat di sekitar Gunung Merapi dengan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertajuk Pemberdayaan  Masyarakat Peduli Bencana Melalui Komunitas Umbulharjo Merapi Monitoring Community (UMMC) Sleman.

“Skema PKM dan sasarannya adalah masyarakat Pangukrejo, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman,” kata Ketua Program Kemitraan Masyarakat UMY di Pangukrejo, Adhianty Nurjanah, melalui keterangan tertulis yang diterima Harian Jogja, Senin (18/5/2020).

Advertisement

Selain diketuai Adhianty yang merupakan dosen Prodi Kominikasi UMY, program ini beranggotakan Sakir, dosen Prodi Ilmu Pemerintahan.

“Program ini bertujuan memberdayakan masyarakat di sekitar Gunung Merapi, berkaitan dengan mitigasi bencana melalui pelatihan dan pendampingan serta pemberian hibah alat komunikasi yang dibutuhkan saat bencana Merapi terjadi,” ujar Adhianty.

Pelatihan mitigasi dan pelatihan komunikasi bencana dilaksanakan pada Minggu (17/5/2020) secara webinar dengan 25 peserta dari pengurus UMMC dan perwakilan warga Pangukrejo.

“Diskusi pada acara tersebut sangat interaktif,” kata Adhianty.

Sementara, bantuan alat komunikasi diberikan sebelumnya pada 9 Mei di rumah Ketua UMMC Subagyo yang juga menjabat Kepala Dusun Pangukrejo. Menurut Subagyo, kegiatan yang digagas UMY sangat bermanfaat karena warga setempat bisa mendapat pengetahuan dan wawasan tentang mitigasi bencana serta memperoleh bantuan alat komunikasi berupa HT dan antena.

“Ini sangat berguna sebagai alat komunikasi bencana sehingga informasi terkait Merapi terkini bisa cepat tersampaikan kepada masyarakat melalui ketua RT/RW. Kami ucapan terima kasih atas pengabdian masyarakat ini dan berharap kerja sama ini dapat berlanjut,” kata Subagyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Potensi Wisata Offroad Mulai Diminati Segmen Komunitas dan Keluarga di Jogja

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Giliran Jogja! Event Seru Supermusic Superstar Intimate Session Janji Hadirkan Morfem

Hiburan
| Jum'at, 26 April 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement