Mubalig Muhammadiyah di Bantul Didorong Melek Teknologi

Pelatihan penggunaan teknologi yang bisa dimanfaatkan mubalig Muhammadiyah oleh UMY. - Istimewa
03 Mei 2020 23:07 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) meningkatkan dokumentasi dan publikasi konten dakwah dai atau mubalig Muhammadiyah lewat Program Kemitraan Masyarakat (PKM).

Rhafidilla Vebrynda, dosen Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Agama Islam (KPI FAI) UMY mengatakan PKM bertema Pemberdayaan Media Baru dalam Dakwah di PDM Bantul digelar dalam bentuk pelatihan pada 1 Maret dan 15 Maret 2020 dan diikuti 35 peserta dari PCM, PRM, dan PDM Bantul.

“Kegiatan dibagi menjadi tiga sesi. Pertamuan pada 1 Maret membahas materi mengenai pengelolaan media dakwah di website resmi PP Muhammadiyah, erta bagaimana mencari ide untuk membuat konten dakwah serta contoh-contohnya. Pertemuan kedua pada 15 Maret 2020, berfokus kepada proses pembuatan dan editing video. Aplikasi yang digunakan adalah aplikasi yang dapt digunakan pada smartphone yaitu aplikasi Inshot,” kara Rhafidilla melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Dia mengatakan kerja sama antara Majelis Tabligh PDM Bantul dan KPI FAI UMY memberikan beberapa manfaat.

“Kerja sama ini bisa memberikan keterampilan kepada para ustaz di tingkat cabang dan daerah agar dapat mendokumentasikan gerak dakwahnya. Kerja sama ini juga memberikan rasa percaya diri para ustaz karena mereka melek teknologi. Pelatihan ini dapat memperluas jangkauan dakwah. Kami masih akan terus memantau media sosial yang sudah dibuat peserta pelatihan tetap terus aktif,” ujar Rhafidilla.