Advertisement

UMY Adakan Pemeriksaan Kesehatan untuk Warga Banyusri Klaten

Media Digital
Minggu, 03 Mei 2020 - 22:47 WIB
Budi Cahyana
UMY Adakan Pemeriksaan Kesehatan untuk Warga Banyusri Klaten Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) diisi dengan pemeriksaan kesehatan di Dusun Banyusri, Krajan, Jatinom, Klaten, Jawa Tengah. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN—Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Dusun Banyusri, Krajan, Jatinom, Klaten, Jawa Tengah, mengusung tema Healthy Life for Smart Community.

Nur Chayati, dosen Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UMY, mengatakan PKM di Dusun Banyusri diikuti 130 orang yang terdiri dari warga setempat dan anak-anak taman pendidikan Al-Quran (TPA). Tim PKM UMY melakukan toga kegiatan pokok, yakni screening kesehatan dasar meliputi tekanan darah, nadi, tes buta warna (untuk dewasa), dan antropometri serta pemeriksaan fisik anemia (untuk anak); memberikan pendidikan kesehatan tentang kesehatan payudara untuk peserta perempuan dewasa; serta memberikan pendidikan kesehatan tentang kesehatan reproduksi laki-laki untuk peserta laki-laki dewasa.

Advertisement

“Warga sangat antusias dengan kegiatan ini, karena sangat jarang dilakukan di daerah Jatinom. Dari screening awal, kami menemukan sekitar 20% warga dewasa memiliki tekanan darah tinggi. Hasil ini akan menjadi tindak lanjut bagi kegiatan PKM berikutnya,” kata Nur Chayati melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja beberapa waktu lalu.

Dalam pendidikan kesehatan, peserta diberika pre-test dan post-test. Kegiatan diakhiri dengan pemberian doorprize untuk peserta yang aktif, dan pemberian barang berupa sound system dan mic untuk mitra PKM UMY.

“Menurut ketua RW setempat, kegiatan ini sangat bermanfaat karenadapat memebantu masyarakat dalam mengecek kesehatan mereka. Warga juga berterima kasih karena mereka yang tidak memiliki waktu dan biaya untuk pergi ke puskesmas bisa memeriksakan kesehatan,” ujar Nur Chayati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Jumlah RTLH di Bantul Cukup Tinggi, Alokasi Perbaikan RTLH Setiap Tahun Masih Sedikit

Bantul
| Jum'at, 26 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Giliran Jogja! Event Seru Supermusic Superstar Intimate Session Janji Hadirkan Morfem

Hiburan
| Jum'at, 26 April 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement