LP3M UMY Langsung Gerak Cepat, Bantu Kebutuhan Pokok dan Hand Sanitizer ke Masyarakat

Divisi Pengabdian Masyarakat Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberikan bantuan berupa beras, minyak goreng, gula pasir dan hand sanitizer kepada masyarakat terdampak pandemi virus Corona di sekitar Kampus UMY, Rabu (1/4/2020). - Istimewa
01 April 2020 19:42 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Divisi Pengabdian Masyarakat Lembaga Penelitian, Publikasi, dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) langsung gerak cepat dalam menyikapi pandemi virus Corona melalui Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Domisili LP3M UMY, Rabu (1/4/2020). LP3M UMY memberikan bantuan berupa beras, minyak goreng, gula pasir dan hand sanitizer kepada masyarakat terdampak pandemi virus Corona di sekitar Kampus UMY.

Kepala Divisi Pengabdian Masyarakat LP3M UMY Adhianty Nurjanah mengatakan kegiatan pengabdian masyarakat berbasis domisili ini adalah wujud nyata pengabdian UMY dalam membantu masyarakat, khususnya yang terdampak krisis akibat virus Corona. Masyarakat yang bekerja di sektor informal sangat terpengaruh akibat pandemi virus ini.

“Program ini sebagai triger positif untuk selalu peduli dan berbagi. Semoga ini bermakna bagi masyarakat sekitar. Dalam kegiatan ini, kami bekerja sama dengan seluruh dosen UMY, Pimpinan Ranting Muhammadiyah, Pemuda Muhammadiyah dan takmir masjid yang berada di sekitar Kampus UMY,” ujar Adhiannty melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja.

Kepala LP3M UMY Gatot Supangkat mengatakan bantuan yang diberikan berupa 5 kilogram beras, 1 kilogram gula pasir, 1 kilogram minyak goreng dan hand sanitizer. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan mendorong sivitas akademika UMY lebih bermanfaat dan bermakna bagi masyarakat. Dengan metode “direct action” sesuai kondisi riil masyarakat, harapannya apa yang diberikan bisa membantu pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat.

Wakil Rektor Bidang Akademik UMY Sukamta mengapresiasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis domisili UMY bagi warga sekitar Kampus UMY.

“Kegiatan ini merupakan upaya UMY untuk mewujudkan misi Muhammadiyah yang telah banyak dicontohkan oleh pendirinya KH Ahmad Dahlan bahwa keberadaan setiap insan Muhammadiyah harus memberikan manfaat kepada orang-orang di sekitarnya. Karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi lingkungannya,” kata Sukamta.

Dia berharap kegiatan ini bisa terus dilakukan khususnya dalam membantu masyarakat yang terdampak akibat pandemi virus Corona.

Pimpinan Ranting Muhammadiyah Tamantirto Utara Bantul mengapresiasi apa yang dilakukan LP3M UMY tersebut. Menurut Pimpinan Ranting Muhammadiyah Tamantirto Utara, Ali Muhammad, paket bantuan tersebut segera disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan. “Seperti masyarakat lainnya, masyarakat lingkungan kampus juga terdampak adanya virus ini terlebih lagi adanya kebijakan work from home dan social distancing dalam rangka membendung persebaran virus ini. Saya rasa bantuan ini akan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Ali.

Ketua RT 06 Dusun Kasihan, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Sunardi, mengaku senang mendaptkan bantuan dari UMY tersebut. Bantuan berupa bahan pokok tersebut akan bermanfaat bagi masyakarat khususnya yang terdampak akibat virus Corona ini. “Ini sangat bermanfaat sekali. Kepada UMY atas nama warga kami mengucapkan terima kasih,” ujar Sunardi.