UMY Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Klinik Pratama Al-Ikhlas Muhammadiyah Borobudur

Pemeriksaan kesehatan gratis oleh UMY di Klinik Pratama Al-Ikhlas Muhammadiyah Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. - Istimewa
10 Maret 2020 19:02 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, MAGELANGUniversitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis di Klinik Pratama Al-Ikhlas  Muhammadiyah Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Kegiatan yang menjadi bagian Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah (PPM-Muhammadiyah) digelar dua kali. Kegiatan pertama berlangsung di Masjid Daarul Ulum, Kompleks Perguruan Muhammadiyah Borobudur, pada 5 Februari 2020 dan diikuti 40 orang. Sementara, kegiatan kedua dilaksanakan di Klinik Pratama Al Ikhlas Muhammadiyah Borobudur pada 15 Februari 2020 dan diikuti 30 orang. Peserta kegiatan ini adalah anggita dan pengurus Aisyiyah Ranting Borobudur 3 dan Griya Lansia Kembang Setaman Cabang 'Aisyiyah Borobudur.

“Guna meningkatkan kegiatan operasional, Klinik Pratama Al Ikhlas Muhammadiyah Borobudur perlu melakukan promosi kepada masyarakat, khususnya di lingkungan Muhammadiyah dan Aisyiyah, agar masyarakat menjadikan Klinik Pratama Al Ikhlas sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama dalam pelayanan kesehatan ketika klinik itu sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” kata Nur Hidayah, dosen Magister Administrasi Rumah Sakit Program Pascasarjana UMY, melalui keterangan tertulis yang diterima Harian Jogja, Senin (9/3/2020).

Program Pengabdian Masyarakat Berbasis Perserikatan Muhammadiyah ini diawali dengan pemeriksaan kesehatan yang meliputi pemeriksaan tekanan darah, berat badan, gula darah, asam urat dan kolesterol secara gratis.

“Peserta yang masalah kesehatan dari hasil pemeriksaan dikonsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan,” ujar Nur Hidayah.

Peserta kemudian mendapatkan penyukuhan kesehatan dan diminta mengisi formulir berisi saran-saran bagi perkembangan Klinik Pratama Al Ikhlas Muhammadiyah Borobudur.

“Para peserta sebagian besar mengharapkan agar Klinik Pratama Al Ikhlas Muhammadiyah Borobudur terus meningkatkan pelayanan dan segera bekerja sama dengan BPJS,” kata dia.

Kegiatan pengabdian ini diketuai Nur Hidayah dengan anggota Mahemdro Kusumo.