Dosen UMY Dorong Variasi Pembelajaran TPA Baitul Maghdis Karang Tengah Bantul

Program Kemitraan Masyarakat bertema Revitalisasi Taman Pendidikan Al-Quran Baitul Maghdis Karang Tengah, Tirtonirmolo, Bantul, melalui Pembelajaran Interaktif dengan Media Musik. - Istimewa
02 Maret 2020 22:57 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Dosen Hubungan Internasional, Fisipol Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Ratih Herningtyas, mengisi Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan kegiatan bertema Revitalisasi Taman Pendidikan Al-Quran Baitul Maghdis Karang Tengah, Tirtonirmolo, Bantul, melalui Pembelajaran Interaktif dengan Media Musik.

Keguatan ini diadakan di Karang Tengah, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, pada 3 Maret 2019 dan diikuti 20 pengurus Taman Pendidikan Al-Que’an (TPA) Baitul Maghdis RT 3 Karang Tengah.

“Kegiatan ini bertujuan meningkatkan jumlah kehadiran dan variasi pembelajaran para santri TPA Baitul Maghdis. PKM diawali dengan penyediaan sarana pembelajaran berupa alat musik rebana sebagai sarana pembelajaran alternatif, training for trainer [TOT] bagi pengurus TPA, dan penyusunan kurikulum,” kata Ratih melalui keterangan tertulis yang diterima Harian Jogja, Senin (2/3/2020).

Mutia Hariati Hussin, Ketua PKM mengatakan peserta antusias untuk terlibat dalam TOT. “Diharapkan kegiatan ini juga akan menarik minat para santri untuk selalu terlibat aktif dalam kegiatan TPA. Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan FGD [focus group discussion] untuk menyusun dokumen kurikulum TPA agar kegiatan yang akan dilaksanakan TPA lebih terencana dan memiliki target capaian yang terdokumentasi,” ujar Ratih.