KKN UMY Kelompok 152 Perbaiki Administrasi Dusun Dungsuru Gunungkidul

Penomoran rumah warga Dusun Dungsuru, Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, oleh tim KKN UMY. - Istimewa
13 Februari 2020 17:42 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Tim Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Kelompok 152 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memperkuat tata kelola administrasi Dusun Dungsuru, Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul.

Mahasiswa KKN di bawah bimbingan Suranto, dosen Magister Ilmu Pemerintahan Pascasarjana UMY, tersebut menjalankan tiga program untuk memperbaiki tata kelola administrasi dusun, yakni membuat database dusun, membuat peta dusun, dan penomoran rumah warga Dungsuru. Tiga kegiatan itu dilaksanakan selama sebulan pada 7 Januari sampai dengan 7 Februari 2020.

“Program ini dianggap sebagai dasar untuk membangun tata kelola administrasi dusun yang lebih baik. Ketiga program dilakukan secara berkesinambungan karena memiliki keterkaitan antara program yang satu dan yang lain. Pada tahapannya, pembuatan database Dusun Dungsuru dilakukan pada tahapan awal agar bisa menjadi dasar informasi untuk pembuatan peta Dusun Dungsuru dan penomoran rumah Warga Dusun Dungsuru,” kata Suranto melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja, Rabu (12/2/2020).

Suranto mengatakan kegiatan tim KKN UMY berjalan dengan lancar dan mendapat sambutan yang baik dari masyarakat. “Tata kelola administrasi dusun tidak hanya menjadi tanggung jawab tim KKN UMY, tetapi juga masyarakat masyarakat sehingga penataan administrasi dusun berjalan sebagaimana mestinya,” ujar dia.

Kepala Dusun Dungsuru, Lilis Haryani, mengatakan ketiga program tersebut sangat membantu aparat dusun untuk memetakan dan memperbaiki tata kelola administrasi dengan valid dan reliabel. “Administrasi yang telah diperbaiki oleh tim KKN UMY ini akan kami jadikan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan di masa yang akan datang,” kata dia.