UMY Bekali Orang Tua di Seropan 3 Bantul Cara Menggunakan Gadget Secara Sehat

Sosialisasi penggunaan gadget secara sehat kepada warga Dusun Seropan 3, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Bantul, 26 Januari 2020. - Istimewa
10 Februari 2020 19:07 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menyosialisasikan penggunaan gadget secara sehat kepada warga Dusun Seropan 3, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Bantul, di balai dusun setempat pada 26 Januari 2020.

“Kegiatan yang diikuti 50 orang ini bertujuan memberikan pencerahan dan penjelasan kepada bapak-bapak dan ibu-ibu tentang penggunaan gadget yang baik untuk anak-anak di rumah,” kata Firman Mansir, dosen Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam UMY, melalui keterangan tertulis yang diterima Harian Jogja, Minggu (9/2/2020).

Dosen pembimbing lapangan KKN di Dusun Seropan 3 tersebut mengatakan masyarakat Dusun Seropan 3 sangat antusias menerima materi dari dosen Psikologi Pendidikan Islam Pascasarjana UMY, Halim Purnomo.

“Hal itu dibuktikan dengan banyaknya peserta yang bertanya kepada pemateri. Diskusi berjalan menarik dan diselipi humor yang timbul dari proses tanya jawab tersebut. Kegiatan tersebut dimulai dari pukul 13.00 WIB dan berakhir pukul 15.00 WIB,” kata Firman. 

Firman mengatakan kegiatan ini menjawab kebutuhan masyarakat Dusun Seropan 3. Warga setempat mengeluh karena anak-anak mereka mengalami ketergantungan terhadap gadget sehingga susah menjalankan kewajiban, baik tugas sekolah maupun ketika disuruh oleh orang tua.

“Dengan demikian kegiatan ini tepat sasaran karena masyarakat langsung bisa menerapkannya di rumah. Warga sekarang mengetahui bagaimana menggunkan gadget secara positif dan memiliki modal untuk mengawasi anak-anak di rumah,” ujar Firman.