Advertisement

Tertib Penggunaan Tanah & Air Jadi Fokus KKN-PPM UMY di Dusun Petung Magelang

Media Digital
Kamis, 06 Februari 2020 - 16:07 WIB
Budi Cahyana
Tertib Penggunaan Tanah & Air Jadi Fokus KKN-PPM UMY di Dusun Petung Magelang Sosialisasi tentang dasar hukum dan prinsip-prinsip penggunaan tanah dan air. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG—Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Dusun Petung, Desa Wates, Kecamatan Dukun, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, meningkatkan kesadaran masyarakat dalam hukum penggunaan tanah dan air.

Kegiatan ini diberikan kepada 30 anggota gabungan kelompok tani dan perangkat desa setempat dalam dua tahapan.

Advertisement

Pertama, memberikan pemahaman tentang dasar hukum dan prinsip-prinsip penggunaan tanah dan air. Kedua, workshop pembuatan peraturan desa tentang kode etik dan tertib penggunaan air dan tanah,” kata Sunarno, dosen pembimbing lapangan mahasiswa KKN UMY di Dusun Petung, melalui keterangan tertulis yang diterima Harian Jogja, Kamis (6/2/2020).

Dosen Ilmu Hukum Fakultas Hukum UMY tersebut mengatakan KKN-PPM UMY ini sangat penting bagi masyarakat Dusun Petung karena penggunaan tanah dan air memiliki risiko sosial ekonomi dan lingkungan yang perlu diantisipasi.

Sutarno, Kepala Desa Wates, mengatakan kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam penggunaan tanah dan air secara tertib. “Sekaligus mengantisipasi penggunaan tanah dan air yang merusak dan menimbulkan kerugian sosial, ekonomi dan lingkungan,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Disbud DIY Rilis Lima Film Angkat Kebudayaan Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Giliran Jogja! Event Seru Supermusic Superstar Intimate Session Janji Hadirkan Morfem

Hiburan
| Jum'at, 26 April 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement