UMY Latih Peternak Sapi di Nambangan Bantul Cara Mengolah Kotoran Menjadi Pupuk & Biogas

Tim PKM UMY di Dusun Nambangan, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Bantul. - Istimewa
03 Februari 2020 16:17 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Dusun Nambangan, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Bantul, akan mengadakan pendampingan produksi dan pemasaran pupuk organik dari kotoran sapi.

Penanggung jawab PKM UMY di Dusun Nambangan, Barbara Gunawan, mengatakan kegiatan ini rencananya diikuti 25 anggota kelompok peternak sapi dusun setempat.

“Ada tiga jenis kegiatan. Pertama, penyuluhan kepada kelompok peternak sapi yang terdapat di Dusun Nambangan tentang pencemaran lingkungan oleh limbah kotoran sapi dan  cara penanganan limbah kotoran sapi. Kedua, pelatihan dan pendampingan produksi pupuk organik dan biogas. Ketiga, pelatihan dan pendampingan manajemen pemasaran,” kata Barbara, dosen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMY, melalui keterangan tertulis kepada Harian Jogja, Minggu (2/2/2020).

Barbara mengatakan pelatihan manajemen dan pemasaran akan disampaikan oleh  tim marketing dari UMY. Peserta pelatihan adalah warga terutama peternak sapi yang ada di Dusun Nambangan.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengurangi polusi dari kotoran sapi dan akan menghasilkan pupuk bagi tanaman yang bisa dimanfaatkan warga Nambangan. Ini adalah kegiatan yang paling sesuai dengan keadaan dan kebutuhan dusun,” ujar Barbara.