Beradaptasi di Era Digital, Pemuda Desa Samiran Boyolali Dapat Pelatihan Pembuatan Video dari Mahasiswa KKN UMY

Pelatihan pembuatan video promosi wisata Desa Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, oleh mahasiswa KKN UMY Kelompok 051 dan 150. - Istimewa
29 Januari 2020 20:37 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, BOYOLALI—Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Kelompok 051 dan 150 yang dibimbing Muhammad Muttaqien, dosen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) UMY, memberikan pelatihan pembuatan video promosi wisata menggunakan smartphone kepada warga Dusun 2 dan Dusun 3, Desa Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Melalui keterangan tertulis yang disampaikan kepada Harian Jogja, Muttaqien mengatakan pelatihan digelar dua kali, yakni pada Sabtu (18/1/2020) dan Sabtu (25/1/2020).

“Pelatihan digelar di dua tempat. Peserta adalah pemuda dan anggota karang taruna. Sekitar 19 warga hadir pada pelatihan tanggal 18 Januari dan 17 warga ikut pelatihan pada 25 Januari,” kata Muttaqien, Rabu (29/1/2020).

Setiap pertemuan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama berisi presentasi dari narasumber serta tanya jawab. Sesi kedua adalah pelatihan pengambilan gambar melalui ponsel pintar dan pengenalan aplikasi editing di smartphone.

“Setelah itu, peserta dibagi dalam beberapa kelompok untuk mempraktikkan apa yang sudah diajarkan. Menurut perwakilan karang taruna, kegiatan ini sangat baik dan menjadi terobosan karena saat ini kita sudah memasuki era digital sehingga ilmu yang diberikan sangat berguna bagi masyarakat di dua dusun tersebut,” ujar Muttaqien.

Hasil pelatihan berupa video promosi pariwisata yang dibuat warga dan mahasiswa KKN. Video tersebut akan diputar pada malam apresiasi pada 3 Februari 2020.