Advertisement

UMY Berdayakan Petir di Pedukuhan Pedes

Media Digital
Jum'at, 30 Juli 2021 - 17:57 WIB
Budi Cahyana
UMY Berdayakan Petir di Pedukuhan Pedes Pemberdayaan Pemuda sebagai Pemuda Volunteer (Petir) Pasien Paliatif di Pedukuhan Pedes. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang diinisiasi Arianti, dosen PSIK FKIK UMY mengangkat tema Pemberdayaan Pemuda sebagai Pemuda Volunteer (Petir) Pasien Paliatif di Pedukuhan Pedes.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) berlangsung di Pedukuhan Pedes, Sedayu, Bantul, dan diikuti 11 orang dari Keluarga Pemuda Pemudi Pedes (KPPP).

Advertisement

“Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membentuk pemuda volunteer (Petir) peduli pasien paliatif dan keluarganya di Pedukuhan Pedes,” kata Arianti.

Pelatihan perawatan pasien paliatif ini  direncanakan diselenggarakan dengan blended training (online dan offline), namun akhirnya dilaksanakan dengan online secara penuh karena Pandemi Covid-19 semakin meningkat. Pertemuan dilakukan dengan menggunakan media 'zoom'  sebanyak 3x 100 menit.

Kegiatan ini diawali dengan pre-test sebelum pertemuan pertama dan dievaluasi dengan post-test diakhir pertemuan ke-3. Evaluasi keberhasilan pencapaian keterampilan dilakukan dengan penugasan membuat video salah satu keterampilan sesuai materi yang disampaikan.

Sebagian besar peserta antusias dan merasakan mendapat ilmu yang bisa digunakan untuk keluarganya sendiri dan juga masyarakat sekitar. Ketua mitra, Fajar Hartadi menyampaikan terima kasih atas pelatihan yang diberikan melalui Pengabdian Masyarakat Dosen UMY. Ilmu yang diberikan merupakan informasi baru, sederhana, dan dapat dilakukan dalam program kegiatan di Keluarga Pemuda Pemudi Pedes (KPPP) di masa mendatang.

Pengabdian masyarakat pada kondisi Pandemi tetap bisa dilakukan dengan pertemuan melalui online. Pemuda memiliki potensi kebaikan yang harus dioptimalkan sehingga bisa menebar manfaat bagi lingkungannya, khususnya bagi pasien paliatif dan keluarganya yang dirawat di rumah. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Kirab Pengantin Tebu di Pabrik Gula Madukismo

Bantul
| Selasa, 23 April 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Berikut Rangkaian Program Pilihan Keluarga Indonesia Paling di Hati, Hanya di MNCTV

Hiburan
| Selasa, 23 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement