Advertisement

UMY Bantu Pengadaan Lampu Penerangan Jalan untuk Panti Asuhan Asy-Syfa Bantul

Media Digital
Rabu, 28 Juli 2021 - 17:27 WIB
Budi Cahyana
UMY Bantu Pengadaan Lampu Penerangan Jalan untuk Panti Asuhan Asy-Syfa Bantul UMY memberikan teknologi tepat guna dan menambah pengetahuan bagi warga Panti Asuhan Asy-Syifa' Muhammadiyah Bantul tentang pembangkit listrik tenaga surya dan cara pemasangannya. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Energi terbarukan merupakan isu tren saat ini. Pemerintah, lembaga independen, akademisi, dan masyarakat telah meluncurkan banyak program terkait penggunaan energi terbarukan, yang pada akhirnya mengubah energi tersebut menjadi listrik.

Energi listrik ini digunakan untuk berbagai kebutuhan, terutama sebagai sumber tenaga dalam kehidupan sehari-hari. Apabila listrik dari sumber terbarukan diperoleh dari pedesaan maka listrik yang tersedia akan sangat bermanfaat bagi masyarakat sehingga desa tidak harus bergantung sepenuhnya pada pembangkit listrik utama Indonesia.

Advertisement

Di daerah tropis seperti Yogyakarta sangat berpotensi mendapatkan panas dari energi matahari berkualitas tinggi sehingga masyarakat dapat secara mandiri memasang pembangkit listrik tenaga surya sederhana dalam skala kecil yang dapat memenuhi kebutuhan listrik untuk kebutuhan rumah tangga.

Panti Asuhan Asy-Syifa’ Muhammadiyah Bantul adalah salah satu Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) di bawah pembinaan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bantul yang bergerak pada ranah sosial yang tentunya sangat bergantung pada para donatur di dalam operasionalisasi kegiatan keseharian panti yang berlangsung selama 24 jam, salah satu kebutuhan sehari-hari yang dibutuhkan adalah energi listrik untuk penerangan lingkungan di Panti Asuhan Asy-Syifa’ Muhammadiyah Bantul.

Oleh karena itu pengabdian masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) diharapkan dapat memberikan teknologi tepat guna dan menambah pengetahuan bagi warga Panti Asuhan Asy-Syifa’ Muhammadiyah Bantul tentang pembangkit listrik tenaga surya dan cara pemasangannya.

Output tujuan dari program pengabdian ini adalah untuk membuat dan mengaplikasikan teknologi tepat guna berbentuk instalasi pembangkit listrik tenaga surya sederhana untuk lampu penerangan jalan di lingkunagan Panti Asuhan Asy-Syifa’ Muhammadiyah Bantul.

Penanggung jawab atau kordinator kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut adalah Dr. Bambang Riyanta, dosen Prodi Teknik Mesin UMY, dibantu oleh Fitroh Anugerah K.Y., M.Eng. sedangkan penerima atau mitra pengabdian adalah Ust. Seno, pimpinan Panti Asuhan Asy Syfa yang didampingi oleh Ust. Chusnul Azhar, M.Pd.I. pengasuh Pondok Pesantren Asy Syfa. (ADV)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Cara Membeli Tiket KA Bandara Jogja via Online

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Dipanggil Teman oleh Bocah Berusia 2 Tahun, Beyonce Kirim Bunga Cantik Ini

Hiburan
| Kamis, 25 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement