Advertisement

UMY Dampingi Usaha Remaja Masjid Melalui Penguatan E-Marketing dan Keuangan

Media Digital
Selasa, 27 Juli 2021 - 23:27 WIB
Budi Cahyana
UMY Dampingi Usaha Remaja Masjid Melalui Penguatan E-Marketing dan Keuangan Pendampingan Usaha Remaja Masjid Melalui Penguatan E-Marketing dan Keuangan. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Alien Akmalia, dosen Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertema Pendampingan Usaha Remaja Masjid Melalui Penguatan E-Marketing dan Keuangan.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) berlangsung di Masjid Muhajirin, Balecatur, Gamping, Sleman, dan diikuti enam pemilik usaha yang tergabung dalam remaja masjid muhajirin

Advertisement

“Tujuan pelatihan ini khususnya bagi Remaja Masjid di Perengdawe, antara lain meningkatkan  jiwa kewirausahan peserta, dorongan menggali potensi wirausaha melalui ide-ide kreatif, peningkatan motivasi peserta untuk mengembangkan usaha, dan peningkatan kemampuan  manajemen pemasaran dan keuangan,” kata Akmalia.

Kegiatan yang telah terlaksana meliputi: Pelatihan Kewirausahaan dan Pengelolaan keuangan usaha, pembuatan konten promosi usaha, bazar online ramadhan, pemberian kupon belanja untuk dibelikan di usaha-usaha remaja masjid muhajirin. Kegiatan pelatihan kewirausahaan dan pengelolaan keuangan dilakukan secara offline di Masjid Muhajirin dengan prokes ketat. Sedangkan kegiatan lain dilakukan secara online, termasuk kegiatan bazar ramadhan.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami para pemilik start up usaha yang tergabung di remaja masjid muhajirin. Pelatihan dan pendampingan yang diberikan dapat meningkatkan motivasi untuk terus mengembangkan usaha dan tentunya meningkatkan kompetensi kami. Pelatihannya sangat aplikatif dan kami bisa langsung praktek, seperti pembuatan konten promosi usaha yang Alhamdulillah kami semua sekarang sudah punya itu. Terimakasih tim pengabdian masyarakat dari UMY, semoga bisa terus menebar manfaat,” kata mitra.

Kegiatan pengabdian masyarakat berjalan lancar, walaupun dalam kondisi pandemi tidak menyurutkan semangat peserta untuk mengikuti kegiatan ini sampai selesai. Peserta sangat semangat dan antusias mengikuti rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat ini. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Budayawan di Jogja Dilibatkan Pembuatan Maskot Pilkada 2024

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Berikut Rangkaian Program Pilihan Keluarga Indonesia Paling di Hati, Hanya di MNCTV

Hiburan
| Selasa, 23 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement