Advertisement

HI UMY Adakan Pelatihan Literasi Fiqh Informasi

Media Digital
Jum'at, 23 Juli 2021 - 08:37 WIB
Budi Cahyana
HI UMY Adakan Pelatihan Literasi Fiqh Informasi Hubungan Internasional (HI) Program Magister Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan pelatihan "Literasi Fiqh Informasi" bekerja sama dengan PRM Kadirojo Palbapang Bantul. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Hubungan Internasional (HI) Program Magister Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan pelatihan “Literasi Fiqh Informasi” bekerja sama dengan PRM Kadirojo Palbapang Bantul. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan pada hari Ahad, 21 Maret 2021, dan bertempat di Masjid Al Fajar Kadirojo yang dihadiri para pengurus PRM dan Amal Usaha di lingkungan Persyarikatan Muhammadiyah di Desa Palbapang. Pelaksanaan pengabdian masyarakat dilakukan secara tatap muka langsung dengan diikuti peserta sejumlah 17 orang dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat.

Dr. Surwandono sebagai fasilitator dalam pengabdian ini memaparkan tentang pentingnya kesadaran dan partisipasi para pengurus Muhammadiyah untuk menjadi agen perdamaian di tengah era disrupsi informasi, di mana informasi yang bernarasikan hoax sedemikian rupa telah membanjiri ruang publik. Media sosial dan aplikasi chatting telah menjadi saluran penyebaran hoax secara sistematis. Muhammadiyah memiliki tanggung jawab social untuk terus membangun harmoni dalam masyarakat agar tujuan Muhammadiyah dalam membangun masyarakat utama dalam masyarakat tetap terjaga melalui penyusunan Fiqh Informasi.

Advertisement

Dalam paparan, Dr. Surwandono menguraikan dengan sistematis tentang Fiqh Informasi dengan menarasikan dengan pendekatan kesejarahan, idiologis dan komunikasi mutakhir. Para peserta secara aktif mengajukan sejumlah pertanyaan untuk melakukan pendalaman terhadap Fiqh Informasi Muhammadiyah. Bagaimana pengalaman Nabi Adam AS dalam mengelola hoax yang diinformasikan oleh Iblis, bagaimana Rasulullah Muhammad SAW mengelola tentang berita palsu yang sering dikenal dengan istilah hadis ifki, dan bagaimana surat al-Hujurat memberikan kaidah bagaimana mengelola berita bohong secara cerdas dengan tehnologi tabayun atau klarifikasi.

Para pengurus PRM Kadirojo dengan antusias mengikuti pelaksanaan pengabdian dari tahap Pre Test, Tutorial dan Pendampingan serta Post Test. Ketua PRM Kadirojo, Drs. Isapardi mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tinggi kepada Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang telah memberikan pendampingan secara terstruktur bagi peningkatan kapasitas pengelolaan organisasi persyarikatan Muhammadiyah selama ini. (ADV)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Ribuan Calon Jemaah Haji Sleman Mulai Ikut Manasik

Sleman
| Sabtu, 20 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Film Dua Hati Biru Ajarkan Para Aktor Belajar Mengelola Rumah Tangga

Hiburan
| Sabtu, 20 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement