Advertisement

PKM UMY Tingkatkan Daya Saing Industri Olahan Susu Nabati

Media Digital
Jum'at, 23 Juli 2021 - 06:47 WIB
Budi Cahyana
PKM UMY Tingkatkan Daya Saing Industri Olahan Susu Nabati PKM Industri Rumahan Susu Nabati (Plant Milk) Melalui Inovasi Produk dan Digital Branding. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KARANGANYAR—Safaah Restuning Hayati, S.E.I., MA.Ek, dosen Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertema PKM Industri Rumahan Susu Nabati (Plant Milk) Melalui Inovasi Produk dan Digital Branding.

Kegiatan berlangsung di Desa Karang RT 01 RW 03, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar dan diikuti 10 UMKM/Industri Rumahan.

Advertisement

“PKM ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing industri olahan susu nabati melalui inovasi produk berupa susu jagung, susu kedelai, dan susu almond. Selain itu, PKM ini juga bertujuan untuk meningkatkan efisiensi produksi dengan melakukan peremajaan alat produksi. Tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan daya saing pada ranah digital melalui digital branding,” kata Safaah.

Kegiatan PKM dimulai dengan melakukan survei ke lokasi mitra, yaitu di Karang, Karangpandan untuk memastikan ada masalah yang dihadapi dan melakukan musyawarah untuk menemukan solusi. Selanjutnya bersama mitra membeli alat-alat yang dibutuhkan untuk peremajaan alat, menyelenggarakan pelatihan inovasi produk dan digital branding. Setelah itu, tim melakukan monitoring kepada mitra untuk memastikan produksi berjalan secara efisien dan branding pada media sosial sudah mulai dilakukan.

"Saya berterimakasih kepada UMY yang sudah membantu mengembangkan usaha saya dengan memberikan pelatihan inovasi produk sehingga olahan susu nabati menjadi beragam dan nilai jualnya meningkat. Selain itu, dengan pelatihan digital branding telah menambah pengetahuan saya agar merk produk saya dapat bersaing di ranah digital,” kata Imama Awwaliyah, Mitra Pengabdian

PKM ini telah meningkatkan daya saing industri rumahan susu nabati dengan jenis produk olahan susu yang beragam dan memulai branding di ranah digital. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Baznas Kota Jogja Luncrukan Madrasah Al-Quran bagi Difabel Tuna Netra

Jogja
| Kamis, 18 April 2024, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Orang Terdekat Mengantarkan Kepergian Park Bo Ram

Hiburan
| Rabu, 17 April 2024, 21:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement