Advertisement

PKM UMY Adakan Pendidikan Literasi kepada Anak TPA Melalui Buku Cerita Sarat Pesan Moral

Media Digital
Jum'at, 23 Juli 2021 - 05:37 WIB
Budi Cahyana
PKM UMY Adakan Pendidikan Literasi kepada Anak TPA Melalui Buku Cerita Sarat Pesan Moral Pendidikan Literasi kepada Anak TPA Melalui Buku Cerita Sarat Pesan Moral, di TPA Assholihin Kepuhan Desa Argorejo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Arsyl Elensyah Rhema Machawan, dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Pendidikan Bahasa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengadakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) bertema Pendidikan Literasi kepada Anak TPA Melalui Buku Cerita Sarat Pesan Moral, di TPA Assholihin Kepuhan Desa Argorejo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) berlangsung di Kepuhan Desa Argorejo, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Bantul, 18 Juli 2021. Kegiatan itu diikuti 30 orang takmir masjid, direktur TPA, Ustad/Ustadzah TPA, siswa/siswi TPA.

Advertisement

“Pendidikan pada usia dini penting untuk mendapatkan perhatian khusus, masa golden age yang harus dioptimalkan salah satunya dengan memberikan stimulus bacaan yang sarat makna agar muncul dalam diri inspirasi untuk menjadi manusia yang unggul dan bermoral tinggi,” kata Asryl.

PKM UMY memaparkan indeks literasi Indonesia di dunia, kemudian memberikan semangat untuk minat membaca, memaparkan jenis-jenis membaca, membaca nyaring dalam hati, ekstensif, intensif, dll. Kegiatan inti mendemonstrasikan baca nyaring cerita rakyat Jepang kemudian dengan nilai-nilai yang dikandungnya kemudian cerita Islami, lalu sama menginternalisasi nilai dalam cerita, dan memberi kesempatan peserta untuk mendongeng. Doorprise untuk yang aktif dan penutup.

Menurut direktur TPA, Suratnowanto, S.T. acara tersebut bagus untuk menambah wawasan audience, sayang audience banyak yang malu-malu. Harapannya akan muncul kesadaran pentingnya mmbaca, terutama bagi ibu-ibu yang notabene sebagai guru pertama bagi anak.

Acara berlangsung dengan lancar, meski offline protokol kesehatan tetap dijaga. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Tiga Kader PKS Masuk Bursa Pilkada Bantul, Berikut Nama-namanya

Bantul
| Selasa, 16 April 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Agensi Ungkap Hasil Autopsi Kematian Park Bo Ram

Hiburan
| Senin, 15 April 2024, 19:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement