Advertisement

Dosen UMY Tingkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Guru TPA Lansia

Media Digital
Kamis, 17 Juni 2021 - 02:27 WIB
Budi Cahyana
Dosen UMY Tingkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Guru TPA Lansia Peningkatan Kemampuan Penggunaan Metode Ummi dan 10 jam Belajar Membaca Al-Qur'an untuk Guru TPA lansia. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Akif Khilmiyah, dosen Psikologi Pendidikan Islam (PPI) Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) mengisi Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Majelis Taklim Khoirunnisa, Brajan, Tamantirto, Kasihan, Bantul, dengan kegiatan bertema Peningkatan Kemampuan Penggunaan Metode Ummi dan 10 jam Belajar Membaca Al-Qur'an untuk Guru TPA lansia. 

Kegiatan yang berlangsung pada 27 Maret 2021 itu diikuti 20 peserta terdiri dari pengajar di TPA lansia dan ibu ibu pengurus Majelis Taklim Khoirunnisa Brajan. 

Advertisement

“Kami memberi pelatihan pada para guru TPA Lansia untuk mengenalkan dan melatih keterampilan dalam menggunakan metode Ummi dan Metode 10 jam belajar membaca al Qur’an, untuk meningkatkan kemampuan dalam mengajar di TPA lansia yang terletak di masjid Nurudholam,” kata Akif. 

UMY melatih cara mengajar yang sesuai untuk usia lansia, memberikan materi hard dan soft yang mudah diakses guru dan murid TPA lansia,  mendampingi   teknis penggunan kedua metode cara mudah membaca al Quran, melatih cara guru mengajarkan kepada siswa TPA  lansia dengan kedua metode tersebut. 

Kemudian membuat kegiatan tindak lanjut berupa uji coba penggunaan metode yang paling disukai oleh siswa TPA yakni metode 10 jam belajar membaca al Quran. 10 jam ini bukan berarti diajarkan selama 10 kali tatap muka, namun disesuaikan dengan kemampuan ibu ibu lansia yang belajar di TPA tersebut.

“Pengurus Majlis Taklim dan para guru TPA lansia merasa senang karena terbantu mendapatkan solusi dari kesulitan yang selama ini dikeluhkan para guru TPA lansia, yakni tentang rendahnya motivasi dan kemampuan siswa dalam belajar membaca Al-Quran.  Setelah mengikuti pelatihan ini 90% guru merasakan bertambah wawasan pengetahuannya tentang metode belajar membaca Al Quran yang menyenangkan,  85% peserta merasa bertambah keterampilan mengajarnya, dan 90% motivasi peserta TPA lansia bertambah untuk belajar membaca al Quran,” ujar Akif. (ADV)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Mempercepat Penanganan, Pemkab Kulonprogo Bikin Rembug Stunting

Kulonprogo
| Kamis, 25 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

The Tortured Poets Departement, Album Baru Taylor Swift Melampaui 1 Miliar Streaming di Spotify

Hiburan
| Kamis, 25 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement