Advertisement

KKN UMY Kembangkan Aquaponic untuk Penyediaan Bahan Pangan Keluarga

Media Digital
Senin, 31 Mei 2021 - 16:17 WIB
Budi Cahyana
KKN UMY Kembangkan Aquaponic untuk Penyediaan Bahan Pangan Keluarga Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN/PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang dimbimbing Oki Wijaya, dosen Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian UMY berlangsung di Dusun Lemahdadi, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul.

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang dimbimbing Oki Wijaya, dosen Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian UMY berlangsung di Dusun Lemahdadi, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul.

KKN tersebut mengangkat tema Adopsi Inovasi Rekacipta Usaha Tani Aquaponics dan diikuti 10 orang dari Kelompok Desa Mandiri Pangan.

Advertisement

“Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan ekonomi masyarakat dan penyediaan pangan rumahtangga pada desa mandiri pangan, melalui adopsi inovasi aquaponikm” ujar Oki.

Aquaponik didefinisikan sebagai inovasi usahatani hidroponik yang diintergrasikan dengan budidaya perikanan darat. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Februari 2021. Peserta laki-laki sebagian besar bekerja sebagai petani, sedangkan peserta wanita merupakan ibu rumah tangga atau buruh serabutan. Metode pelaksanaan kegiatan meliputi: 1) Observasi; 2) Focus Discussion Group (FGD); 3) Sosialisasi; 4) Penanaman hidroponik; 5) Pelatihan pengolahan pascapanen; dan 6) Pemberian Alat Produksi; 7) Monitoring dan penyusunan rencana keberlanjutan. Pelaksanaan kegiatan ini berbasis pada subsistem pada agribisnis, yaitu subsistem hulu (input), subsistem on farm dan subsistem hilir.

“Adanya kegiatan ini sangat memberikan manfaat untuk masyarakat, untuk penyediaan bahan pangan di rumah. Hasil dari kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan adopsi inovasi aquaponic ini dapat menjadi salah satu solusi yang efektif dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dan penyediaan pangan rumahtangga pada desa mandiri pangan, di Dusun Lemahdadi, Desa Bangunjiwo, Kabupaten Bantul,” ujat Oki. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Daftar Tarif Tol Trans Jawa untuk Mudik Lebaran 2024, Jakarta-Jogja Rp507 Ribu

Jogja
| Jum'at, 29 Maret 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rela, Ungkapan Some Island tentang Kelam, Ikhlas dan Perpisahan

Hiburan
| Jum'at, 29 Maret 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement