Advertisement

PKM UMY Tingkatkan Literasi Digital Remaja

Media Digital
Sabtu, 01 Mei 2021 - 13:17 WIB
Budi Cahyana
PKM UMY Tingkatkan Literasi Digital Remaja Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Dusun Bodeh, Desa Ambarketawang, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman menggelar program Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Remaja di masa Pandemi Covid-19. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Dusun Bodeh, Desa Ambarketawang, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman menggelar program Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Remaja di masa Pandemi Covid-19. Kegiatan diikuti 20 remaja anggota Nasyiyatul aisyiyah Ranting Ambarketawang.

Ketua program pengabdian sekaligus Dosen Pembimbing Lapangan, Retno Wulandari, dosen Agribisnis Fakultas Pertanian UMU mengatakan diharapkan melalui kegiatan ini peserta dapat memproses berbagai informasi, memahami pesan, dan berkomunikasi efektif dengan orang lain dalam berbagai bentuk, yaitu menciptakan, mengkomunikasikan, mengkolaborasi agar teknologi dapat digunakan secara efektif untuk mencapai tujuan.

Advertisement

“Peserta dapat membuat konten kreatif sehingga dapat digunakan sebagai media untuk syiar Islam. Peserta bertanggung jawab terhadap penggunaan teknologi untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya,” katanya

Kegiatan pelaksanaan dilakukan dengan menghadirkan pembicara dosen Program Studi KPI (Komunikasi dan Penyiaran Islam) Fakultas Agama Islam UMY untuk memberikan materi tentang pengertian, manfaat dan penggunaan literasi digital dalam kahidupan sehari-hari khususnya di masa pandemi covid 19 ini. Peserta juga mengikuti workshop bagaimana cara mengidentifikasi apakah sebuah berita dikatakan hoax atau tidak.

“Diharapkan dengan adanya literacy digital ini peserta mampu untuk memahami dan menggunakan informasi dari berbagai tipe format sumber-sumber informasi yang lebih luas, dan menjadikan seseorang mampu mentranformasikan kegiatan melalui penggunaan perangkat teknologi digital,” kata dia. (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Rute, Tarif dan Jalur Bus Trans Jogja, Yuk Cek di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Dipanggil Teman oleh Bocah Berusia 2 Tahun, Beyonce Kirim Bunga Cantik Ini

Hiburan
| Kamis, 25 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement