KKN UMY Tingkatkan Keterampilan Pendampingan Melalui Pelatihan Komunikasi dan Konseling bagi Santri dan Pengasuh Panti Asuhan

Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) meningkatkan kualitas pengasuhan anak melalui pelatihan pengasuh panti asuhan di Panti Asuhan Abu Dzar Al Ghifari, Kalimanjung RT 03/031 Ambarketawang, Gamping, Sleman. - Istimewa
30 April 2021 12:07 WIB Pengabdian UMY Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) meningkatkan kualitas pendampingan santri melalui pelatihan Komunikasi Efektif dan Konseling bagi santri dan pengasuh di panti asuhan di Panti Asuhan Abu Dzar Al Ghifari, Kalimanjung RT 03/031 Ambarketawang, Gamping, Sleman. Kegiatan berlangsung pada 6 - 14 Februari dan dilaksanakan seminggu 2 kali. Pelatihan diikuti 30 santri dan pengasuh Panti Asuhan Abu Dzar Al Ghifari.

Dr. dr Warih Andan Puspitosari, M.Sc., Sp.KJ(K), dosen Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UMY yang menjadi dosen pembimbing lapangan mengatakan bahwa santri dan pengasuh membutuhkan penambahan pengetahuan dan keterampilan mendampingi santri dalam mengatasi masalah.

“Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan tersebut, sesama santri maupun pengasuh dapat melakukan pendampingan yang efektif kepada para santri. Komunikasi efektif dan konseling adalah salah satu keterampilan yang dibutuhkan para santri dan pengasuh, yang selama ini belum pernah dilaksanakan di Panti Asuhan Al Ghifari,” kata dia.

Pelatihan dilaksanakan secara online melalui media Zoom dengan narasumber psikiater dan dosen UMY Dr. dr. Warih Andan Puspitosari, M.Sc., Sp.KJ(K) dan Shanti Wardaningsih, Ns. M.Kep, Sp.Jiwa, Ph.D

“Pelatihan berjalan dengan baik, semoga bermanfaat untuk para santri untuk melakukan peer konseling dan untuk para pengasuh dalam mendampingi para santri,” ujar Warih.

Selain itu, mahasiswa kelompok KKN juga melaksanakan berbagai program kerja lainnya, diantaranya adalah peningkatan ketahanan pangan di Panti dengan budidaya lele dan bertanam sayur dengan mengunakan metode aquaponik. Kegiatan ini dilaksanakan secara online dan offline dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan, dengan memberikan materi bagaimana cara pembudidayaan dan perawatan dengan baik. Hal ini dimaksudkan agar nantinya ketika musim panen tiba dapat membantu perekonian panti dan menyediakan bahan pangan yang baik untuk warga panti. Program peningkatan penataan administrative dan kelengkapan panti juga dilaksanakan selama kegiatan KKN di Panti Asuhan Al-Ghifari. (ADV)