Advertisement

UMY Bantu FPRB Desa Sumber Magelang Alat Komunikasi Bencana

Media Digital
Kamis, 22 April 2021 - 14:47 WIB
Budi Cahyana
UMY Bantu FPRB Desa Sumber Magelang Alat Komunikasi Bencana UMY Bantu FPRB Desa Sumber Magelang Alat Komunikasi Bencana - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG - Desa Sumber Magelang, berada pada 7 km dari titik puncak gunung Merapi di sisi bagian Barat termasuk kawasan rawan bencana. Ketika bencana alam terjadi, komunikasi bencana akan efektif jika melibatkan teknologi komunikasi dan informasi agar tercipta komunikasi bencana yang cepat, tepat dan akurat. Pada saat bencana Gunung Merapi, Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Desa Sumber berperan sebagai garda depan sekaligus sebagai komunikator, mediator, yang memonitor langsung kondisi terkini Gunung Merapi dan juga ikut membantu melakukan evakuasi bersama Tim Sar hingga penyaluran bantuan bencana kepada para korban bencana dan pengungsi. Sebagai komunitas peduli bencana Merapi, FPRB Desa Sumber memiliki peran vital dalam komunikasi bencana. Meskipun demikian FPRB Desa Sumber memiliki keterbatasan dalam pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi sehingga saat bencana komunikasi bencana belum optimal.

Advertisement

Berdasarkan latarbelakang tersebut, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ikut berkontribusi membantu Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) Desa Sumber melalui program pengabdian masyarakat skema PKM melalui penyuluhan, pelatihan pentingnya mitigasi bencana dan komunikasi bencana serta pemberian bantuan alat hibah komunikasi berupa Handy Talky (HT) yang merupakan alat komunikasi bencana yang paling efektif digunakan saat bencana terjadi terutama bencana banjir lahar dingin akibat erupsi bencana Merapi. Program Pengabdian Kepada Masyarakat yang diketuai oleh Dr. Adhianty Nurjanah, S.Sos., M.Si, dengan beranggotakan Dr. Iswanto, S.T., M.Eng dan Linda Kusumastuti Wardana, S.Pd., M.Sc. pada hari Rabu, 21 April 2021 memberikan pelatihan pentingnya mitigasi dn komunikasi bencana, selain itu juga membahas terkait perancangan desain sistem early warning monitoring banjir lahar dingin merapi untuk mengukur tingkat ketinggian air yang menyebabkan potensi banjir lahar dingin.

“Program pengabdian masyarakat ini merupakan kontribusi nyata UMY membantu masyarakat khususnya FPRB Desa Sumber Magelang harapan kami, melalui program pengabdian ini masyarakat Desa Sumber semakin sadar bahwa mereka berdampingan dengan Merapi tetapi tetap harus waspada sehingga pada saat bencana banjir lahar dingin terjadi FPRB Desa Sumber sebagai garda depan dapat melakukan mitigasi, preparedness, response, dan recovery bencana sehingga dapat mengurangi korban jiwa,” jelas Dr. Adhianty Nurjanah.

“Program pengabdian masyarakat ini sangat bermanfaat dan nyata dapat dirasakan oleh masyarakat, kami sangat berterimakasih sekali kepada UMY, Kami berharap kerjasama ini akan berlanjut, semoga ikhtiar kita bersama masyarakat Desa Sumber lebih sadar dan mampu melakukan mitigasi bencana sehingga tidak ada korban saat bencana terjadi” tutur Maryanto Kepala Desa Sumber Magelang,Jawa Tengah yang juga hadir pada saat pelatihan dilaksanakan. (ADV)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Kembali Tampil di Pilkada Gunungkidul Tahun Ini, Ini Gagasan yang Diusung Sutrisna Wibawa

Gunungkidul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 20:17 WIB

Advertisement

alt

Rela, Ungkapan Some Island tentang Kelam, Ikhlas dan Perpisahan

Hiburan
| Jum'at, 29 Maret 2024, 09:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement