Advertisement

PKM UMY Dampingi Ibu-Ibu Berlatih Bahasa Inggris

Media Digital
Jum'at, 16 April 2021 - 23:57 WIB
Budi Cahyana
PKM UMY Dampingi Ibu-Ibu Berlatih Bahasa Inggris Tim Program Kemitraan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (PKM UMY) mengadakan pelatihan pendampingan Bahasa Inggris secara Mandiri untuk Ibu-Ibu dengan Anak Usia Sekolah pada 21 Maret, 4 April dan 11 April di Masjid Salsabila, Kaliwilut, Sentolo, Kulonprogo. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Tim Program Kemitraan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (PKM UMY) mengadakan pelatihan pendampingan Bahasa Inggris secara Mandiri untuk Ibu-Ibu dengan Anak Usia Sekolah pada 21 Maret, 4 April dan 11 April di Masjid Salsabila, Kaliwilut, Sentolo, Kulonprogo.

Kegiatan diikuti kelompok Ibu-Ibu jamaah Masjid Salsabila yang memiliki putra/i usia SD dan SMP 13 orang aktif. Sedangkan Program PKM ini bertujuan untuk pengenalan dan pemanfaatan aplikasi Google Translate untuk membantu ibu-ibu membimbing putra/i dalam belajar bahasa inggris secara mandiri di rumah.

Advertisement

“Tahap awal dimulai dengan koordinasi dengan mitra dan sosialisasi dengan calon peserta program dengan membentuk Grup WA. Program PKM ini dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan dengan materi pelatihan sebagai berikut: Pertemuan 1: pretest, perkenalan pengabdi,pengenalan google translate. Pertemuan 2 menerjemahkan kata dan kalimat dari indonesia ke inggris dan sebaliknya. Lalu,  latihan dengan soal yang ada di buku sekolah anak-anak SD Pertemuan. Sedangkan pertemuan ketiga adalah latihan pengucapan kata dan kalimat dimana ibu-ibu mencoba praktik berbicara Bahasa Inggris secara berpasangan dan post test,” papar Ketua Tim PKM UMY Ika Wahyuni Lestari, dosen Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Pendidikan Bahasa

Boimin, perwakilan takmir Masjid Salsabila mengucapkan terima kasih kepada UMY, dosen, dan mahasiswa yang telah memberi pembelajaran Bahasa Inggris untuk jamaah ibu-ibu Masjid Salsabila yang sudah bisa berjalan lancar selama 3 kali pertemuan. “Semoga kedepan bisa memberi manfaat untuk jamaah Masjid Salsabila,” kata Boimin.

Fitri, seorang ibu muda yang juga salah satu peserta program mengatakan, mengucapkan banyak terima kasih karena telah mengajarkan Bahasa Inggris. “Pokok’e thank you very much.” (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Jogja
| Jum'at, 19 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Siap-Siap! Ini Jadwal dan Cara Ikut War Tiket Konser Sheila on 7

Hiburan
| Kamis, 18 April 2024, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement