Advertisement

KKN UMY Tingkatkan Kualitas Manajemen UMKM di Balecatur Gamping

Media Digital
Jum'at, 16 April 2021 - 23:47 WIB
Budi Cahyana
KKN UMY Tingkatkan Kualitas Manajemen UMKM di Balecatur Gamping Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Balecatur, Gamping, Sleman, memberi pelatihan bagi UMKM Kecap Manis Dua Ikan membuat platform pemasaran digital Balebelanja.id. - istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Program Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (KKN-PPM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di Balecatur, Gamping, Sleman, memberi pelatihan bagi UMKM Kecap Manis Dua Ikan membuat platform pemasaran digital Balebelanja.id.

Tim dengan dosen pempimbing Nur Hudha Wijaya ST Meng,  dosen Teknologi Elektro-medis Program Vokasi UMY, memberikan pemahaman kepada pelaku usaha mengenai faktor pendukung kegiatan usaha yaitu faktor manajemen usaha agar kegiatan usaha yang dilakukan tidak hanya berorientasi pada profit. Melainkan kegiatan usaha dapat terus berkembang di masa mendatang dengan memperhatikan dan menerapkan faktor pendukung kegiatan usaha. Selain itu, membantu UMKM untuk mengenal dan meningkatkan promosi dan pemasaran berbasis online, dan berdisiplin untuk selalu melakukan pembukuan yang lebih baik, sehingga produk yang dikelola dapat diketahui banyak orang dan mampu mengatur pola manajemen yang baik pula.

Advertisement

“Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini melalui skema KKN-PPM dapat memberikan pemahaman kepada pelaku usaha mengenai faktor-faktor pendukung kegiatan usaha yaitu faktor legalitas dan manajemen usaha agar kegiatan usaha yang dilakukan tidak hanya berorientasi pada profit semata, melainkan kegiatan usaha dapat terus berkembang di masa mendatang dengan memperhatikan dan menerapkan faktor pendukung kegiatan usaha,” kata Nur Hudha Wijawa ST MEng.

Dengan demikian, kata Nur Hudha Wiahaya kegiatan Pengabdian ini diselenggarakan dengan cara sosialisasi mengenai legalitas usaha khususnya mengenai merek dan legalitasnya serta sosialisasi mengenai manajemen usaha khususnya mengenai strategi pemasaran dalam keuangan kegiatan usaha. Sosialisasi tersebut disesuaikan dengan permasalahan dan kebutuhan yang dihadapi oleh pelaku usaha UMKM di Kelurahan Balecatur.

Nur Hudha menambahkan metode yang dilakukan kepada tiap mitra UMKM adalah branding dan promosi. Tidak hanya berhenti pada pembuatan desain dan pencetakan spanduk sehingga untuk memasifkan promosi balebelanja.id, usaha kecap manis dua ikan, dan karangtaruna sebagai pendukung kegiatan, pengabdian masyarakat ini mempunyai pogram lainnya yaitu membuatkan konten instagram di setiap mitra UMKM. Pembuatan konten ini bertujuan untuk mempromosikan dan semakin memunculkan daya tarik masyarakat luas terhadap Balebelanja.id. dan usaha kecap manis dua ikan.

“Pemanfaatan media sosial yang kami gunakan adalah media sosial Instagram yang memiliki kualitas gambar serta kemudahan akses bagi masyarakat secara luas. Pemilihan media sosial Instagram tersebut tentunya untuk menjangkau konsumen secara lebih luas dan secara langsung memberikan pengenalan kepada masyarakat terkait balebelanja.id yang merupakan platform asli Desa Balecatur.”

Nur Hudha melanjutkan dengan konten yang dilakukan terjadi peningkatan jumlah pengunjung di media marketplce dan pemesanan produk. Artinya berkat pengabdian ini para pelaku UMKM sangat merasa terbantu sekali demi perkembangan dan kemajuan usaha kecil. Bahkan,mendorong UMKM untuk bangkit serta menyadarkan pelaku UMKM dalam promosi dan pembukuan.

“Dengan selesainya pengabdian ini para pelaku UMKM baik balebelanja.id dan usaha kecap manis dua ikan, merasa terbantu sehingga produk dapat diketahui konsumen yang tidak terbatas jaraknya dan penghasilan mulai meningkat.” (ADV)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

alt

Jadwal Bus Damri Hari Ini, Cek Lokasi dan Tarifnya di Jogja

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Dipanggil Teman oleh Bocah Berusia 2 Tahun, Beyonce Kirim Bunga Cantik Ini

Hiburan
| Kamis, 25 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement